Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Windows 7 ke Windows 10 Tidak Gratis Lagi

Kompas.com - 12/10/2023, 17:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna PC (komputer desktop/laptop) yang menjalankan sistem operasi (OS) Windows 7 dan Windows 8, kini tak bisa lagi melakukan update ke Windows 10 dan Windows 11 secara gratis.

Saat merilis Windows 10 pada 2015, Microsoft memang menawarkan upgrade gratis untuk pengguna Windows yang lebih lama, seperti Windows 7 dan 8. Penawaran upgrade gratis ini sebenarnya berakhir sejak Juli 2016.

Namun, meski berakhir sejak lama, Microsoft masih membiarkan pengguna Windows lawas untuk melakukan pembaruan ke Windows 10 dan 11 tanpa biaya.

Menurut laporan The Verge, sebenarnya kemampuan ini adalah celah yang ada selama bertahun-tahun. Celah tersebut memungkinkan pengguna Windows 7 atau 8 menggunakan kunci produk (product key) mereka untuk mengaktifkan Windows 10 atau 11.

Product key adalah kode 25 karakter yang digunakan untuk mengaktifkan Windows dan membantu memverifikasi bahwa Windows belum digunakan di lebih banyak PC daripada yang diizinkan oleh Persyaratan Lisensi Perangkat Lunak Microsoft.

Microsoft mengumumkan kebijakan baru terkait pemblokiran kunci Windows 7/8 untuk update ke Windows 11 akhir bulan lalu.

"Tawaran pemutakhiran gratis Microsoft untuk Windows 10/11 berakhir pada 29 Juli 2016. Jalur instalasi untuk mendapatkan pemutakhiran gratis Windows 7/8 kini juga telah dihapus. Upgrade ke Windows 11 dari Windows 10 masih gratis," tulis Microsoft di situs resminya.

Ketika itu, pengguna masih bisa menggunakan kunci Windows 7/8 untuk mengaktifkan Windows 11. Namun, mulai minggi ini, kunci Windows 7 sekarang sepenuhnya diblokir dari instalasi Windows 11. Microsoft mengonfirmasi hal ini kepada The Verge.

Baca juga: Tampilan Microsoft Store Versi Web Dirombak, Lebih Segar dan Modern

Tangkapan layar jendela error ketika pengguna mencoba menggunakan product key Windows 7 untuk mengaktifkan Windows 11 secara gratis.The Verge/ Tom Warren Tangkapan layar jendela error ketika pengguna mencoba menggunakan product key Windows 7 untuk mengaktifkan Windows 11 secara gratis.
Jurnalis The Verge, Tom Warren, juga mencoba beberapa kunci Windows 7 untuk menginstal Windows 11 versi 22H2 hari ini, Kamis (12/10/2023).

Menurt Warren, ia berhasil menginstal Windows 11. Namun, kunci Windows 7 miliknya yang terdiri dari 25 karakter itu tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan Windows 11.

Ketika mencoba memasukan product key Windows 7 untuk mengaktifkan Windows 11, Warren justru mendapatkan notifikasi kesalahan alias error seperti gambar di atas.

"Kami tidak dapat mengaktifkan Windows di perangkat ini karena Anda tidak memiliki lisensi digital atau kunci produk yang valid," bunyi pesan error.

Jika sebelumnya pengguna sudah meng-upgrade laptop/komputer miliknya dari Windows 7 atau 8 ke Windows 11 secara gratis menggunakan salah satu kunci lama ini, status aktivasi pengguna tidak akan berubah. Pengguna tetap bisa menjalankan Windows 11.

Namun, celah ini sudah tidak bisa lagi dipakai. Ke depannya, pengguna Windows 7 atau 8 harus membeli lisensi baru untuk menjalankan Windows 11 secara sah.

Kendati demikian, untuk pemilik PC dengan Windows 10, mereka masih bisa meng-upgrade ke Windows 11 secara gratis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (12/10/2023).

Baca juga: Ini OS Windows yang Paling Banyak Dipakai Sedunia

Windows 12 meluncur 2024?

Ilustrasi sistem operasi Windows 12.Future via Windows Central Ilustrasi sistem operasi Windows 12.
Kini, Microsoft tampaknya tengah mempersiapkan Windows 12 sebagai OS penerus Windows 11. Konon, sistem operasi Windows 12 akan diberi nama kode “Next Valley”.

Rumor terkait OS teranyar Microsoft tersebut belakangan menyeruak di internet. Windows 12 juga diprediksi akan hadir dengan sejumlah pembaruan, mulai dari aspek visual, performa, dan fitur.

Windows 12 disinyalir bakal meluncur pada 2024 mendatang. Bila benar, maka jarak peluncuran versi utama OS Windows akan lebih dekat menjadi tiga tahun, lantaran OS Windows 11 diluncurkan pada 2021 lalu.

Sebelumnya, jarak peluncuran OS Windows 10, yang meluncur sekitar 2015 lalu, ke Windows 11, yang meluncur sekitar 2021 lalu, memakan waktu sekitar tujuh tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com