Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan "Mesin Game" Unity PHK 1.800 Karyawan Global

Kompas.com - 10/01/2024, 16:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat perangkat lunak (software) pembuat game, atau bisa disebut "mesin game", asal San Francisco, Amerika Serikat (AS) Unity melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya.

Unity merupakan pemilik software pembuat game dengan nama yang sama (Unity). Software game ini sudah dipakai banyak pengembang (developer) game kenamaan.

Game-game yang dibuat menggunakan Unity mencakup Angry Birds, Beat Saber, Pokemon Go, Hearthstone, Cuphead, dan masih banyak lagi.

Kembali lagi ke PHK Unity tadi, informasi ini diumumkan Unity melalui sebuah memo internal yang diterima kantor berita Reuters pekan ini.

Baca juga: Twitch Kembali Lakukan PHK, 500 Karyawan Terdampak

Dalam pengumuman tersebut, Unity, melalui sang CEO Jim Whitehurst, mengatakan pihaknya terpaksa melakukan PHK atau layoff terhadap 25 persen dari total seluruh karyawannya yang ada di seluruh dunia.

Menurut data Macrotrends, total karyawan Unity secara global per 2022 berjumlah sekitar 7.700 karyawan. Artinya, PHK ini berdampak pada sekitar 1.800 karyawan Unity.

Jim mengatakan bahwa ribuan karyawan yang di-PHK ini berasal dari semua divisi Unity yang ada di seluruh wilayah operasional Unity di dunia. Ia turut menyebut bahwa PHK ini terpaksa dilakukan perusahaan untuk menata ulang manajemen dan bisnis Unity supaya bisa "sehat" di masa depan.

"Kami melakukan sejumlah penyesuaian di perusahaan kami (termasuk PHK), dengan tujuan supaya kami bisa lebih fokus di bisnis utama kami. Hal ini harus kami lakukan untuk mendapatkan sukses dan keuntungan dalam jangka panjang," ungkap Jim dalam sebuah memo internal.

Jim menyebut bahwa layoff Unity yang berdampak pada sekitar 1.800 karyawan tadi akan berlangsung secara bertahap, dan segala proses yang berkaitan dengan karyawan yang terdampak akan rampung hingga akhir Maret 2024 mendatang.

Rencananya, Jim juga akan melakukan sejumlah perubahan tambahan kepada perusahaan dalam beberapa waktu ke depan, selain PHK yang diumumkan pekan ini. Namun, ia tak merinci perubahan apa saja yang akan diterapkannya.

Baca juga: Electronic Arts PHK Karyawan Pembuat Game Formula 1 dan Dirt

Adapun PHK yang dilakukan Unity pekan ini merupakan layoff Unity ronde keempat, sejak pertama kali atau ronde pertama PHK dimulai pada Juli 2022 lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters.com, Rabu (10/1/2024).

Seorang pemain Pokemon Go mencoba menangkap karakter Charmander. Foto diambil pada Jumat (22/7/2016). Seorang pemain Pokemon Go mencoba menangkap karakter Charmander. Foto diambil pada Jumat (22/7/2016).

Setelah CEO baru masuk

Sekadar informasi, pengumuman PHK Unity ini merupakan strategi Jim untuk menata ulang bisnis perusahaan pembuat software game tersebut.

Penataan ulang perusahaan ini sebelumnya diumumkan Jim sekitar November lalu, satu bulan setelah ia menjabat sebagai CEO Unity menggantikan John Riccitiello yang mundur pada Oktober lalu.

Perombakan perusahaan ronde pertama yang dilakukan Jim adalah memutus kontrak dengan sejumlah mitra, serta menutup kantor dan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH). Lalu, ronde kedua perombakan adalah PHK yang diumumkan pekan ini.

Adapun segala perombakan atau restrukturisasi perusahaan ini dilakukan setelah Unity diterpa banyak masalah dan kontroversi sekitar satu bulan sebelum Jim menjabat sebagai CEO.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com