Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy AI di Samsung S24 Dipastikan Dukung Bahasa Indonesia

Kompas.com - 21/01/2024, 13:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SAN JOSE, KOMPAS.com - Kecerdasan buatan (Artificial Intelligenc/AI) menjadi highlight utama di ponsel flagship terbaru Samsung, Galaxy S24 series.

Dengan fitur kecerdasan buatan (AI) baik yang berbasis hardware (on device) maupun cloud (menggunakan AI Google Gemini), Galaxy S24 series memiliki fitur-fitur canggih untuk mempermudah pengalaman penggunanya.

Salah satunya adalah penerjemah pecakapan telepon secara real-time. Nah, untuk fitur-fitur penerjemah ini, Galaxy AI juga dipastikan akan mendukung bahasa Indonesia melalui update over-the-air.

"Diperkirakan akan hadir di kuartal II tahun ini (April-Juni)," ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia kepada KompasTekno, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Dukungan bahasa di Galaxy AI sendiri berbeda-beda, tergantung fiturnya. Seperti fitur Real-Time Translation yang saat meluncur baru mendukung bahasa China, Inggris, Perancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Koream Polandia, Portugis, Spanyol, Thai, dan Vietnam.

Fitur Galaxy AI Circle to Search di ri Galaxy S24 series. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan googling dengan menekan tombol beranda, dan melingkari objek visual yang ingin dicari.dok. Samsung Fitur Galaxy AI Circle to Search di ri Galaxy S24 series. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan googling dengan menekan tombol beranda, dan melingkari objek visual yang ingin dicari.

Sementara di fitur generative search, di mana pengguna bisa ngobrol atau mengetik keyword spesifik untuk mencari sesuatu di internet, cakupan bahasa yang didukung lebih sedikit, yaitu Inggris, Hindi, Spanyol, Protugis, Indonesia, Jepang, dan Korea.

Belum diketahui apakah semua fitur AI di Galaxy S24 akan mendukung bahasa Indonesia atau hanya sebagian saja.

Untuk diketahui, terdapat tujuh fitur kecerdasan buatan Galaxy AI yang diintegrasikan Samsung dalam lini Galaxy S24 series.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Bisa Terjemahkan Langsung Percakapan Telepon Pakai AI

Tujuh fitur tersebut adalah Live Translate, Interpreter, Chat Assist, Generative edit untuk foto, Note Assist, Transcript Assist, dan Browsing Assist.

Very mengatakan, untuk mendapatkan pengalaman Galaxy AI yang maksimal, pengguna disarankan log in ke samsung account.

"Khususnya untuk Galaxy AI on device, sedangkan untuk kemampuan Galaxy AI on cloud disarankan log in ke google account," lanjut Verry.

Fitur penerjemah atau Interpreter di Galaxy AI.Samsung Fitur penerjemah atau Interpreter di Galaxy AI.

Fokus ke AI

Tahun ini, Samsung memang fokus menghadirkan teknologi AI (kecerdasan buatan) ke smartphone bikinannya, terutama untuk Galaxy S24 series.

Samsung mengatakan, Galaxy AI di Samsung S24 series akan menghadirkan cara baru dalam memudahkan aktivitas pengguna, seperti berkomunikasi tanpa hambatan serta mendorong produktivitas dan kreativitas dengan lebih mudah dan sederhana.

Pasalnya, teknologi Galaxy AI pun disematkan untuk mempermudah aktivitas keseharian pengguna, seperti teleponan, browsing, mengirim pesan, edit foto, hingga menulis catatan.

"AI akan membawa perubahan dan inovasi besar dalam industri mobile, dan kami percaya Samsung Galaxy akan mendemokrasikan perubahan ini di dunia,"ujar President & Head MX Business Samsung, TM Roh di acara peluncuran di SAP Center, San Jose, AS, Rabu (17/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com