Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepoin Harga Gitar Ed Sheeran Saat Konser di Jakarta Pakai Fitur HP Samsung Ini

Kompas.com - 11/03/2024, 15:56 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ed Sheeran, penyanyi asal Inggris yang kerap menyanyikan lagu bergenre pop ini sempat menggelar konser tunggalnya “Mathematics Tour” di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada 2 Maret 2023.

KompasTekno pun berkesempatan hadir sambil membawa Samsung Galaxy S24 Ultra yang dijuluki sebagai “HP Konser”. Tidak hanya menjajal kebolehan kameranya, kami juga mencoba salah satu fitur Galaxy AI, yakni Circle to Search.

Fitur ini kami gunakan untuk “kepoin” gitar yang dimainkan Ed Sheeran selama tampil di atas panggung. Cara penggunaan fitur ini bisa dikatakan mudah dan efektif. Sebab, Circle to Search sejatinya menawarkan cara “googling” baru di HP dengan cara yang lebih instan. Khususnya, ketika pengguna tidak tahu kata kunci yang tepat untuk mencarinya.

Baca juga: Fitur Circle to Search Galaxy AI Samsung S24 Dipakai Kepoin OOTD Suga BTS dan IU

Hasil foto dengan zoom 30x Samsung S24 Ultra dari tribun JIS.  Dengan zoom 30x, kami bisa memotret Ed Sheeran dengan lebih dekatKOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto dengan zoom 30x Samsung S24 Ultra dari tribun JIS. Dengan zoom 30x, kami bisa memotret Ed Sheeran dengan lebih dekat

Maka dari itu, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna melingkari sebuah benda, tulisan, dan sebagainya untuk dicari langsung ke mesin pencari Google. Objek yang dilingkari ini bisa berasal dari menu kamera langsung, video yang direkam, ataupun gambar yang sudah dibidik.

Usai mengabadikan momen Ed Sheeran selama di panggung, kami hanya perlu mengakses menu Gallery dan membuka file foto/video yang sudah diambil tadi. Tekan tombol Home (Beranda) selama beberapa detik untuk mengaktifkan fitur Galaxy AI.

Setelah aktif, kami melingkari gitar yang dimainkan Ed Sheeran. Lalu, sistem bakal segera mengarahkan kami ke mesin pencari lewat peramban (browser) di ponsel. Menu browser langsung menampilkan beragam informasi soal gitar, salah satunya gitar khas yang memang sering digunakan Ed Sheeran buat manggung.

Baca juga: Konser Ed Sheeran Jakarta Difoto dengan Zoom 5x Samsung Galaxy S24 Ultra

Kepoin harga gitar Ed Sheeran di konser pakai Circle to Search Samsung Galaxy S24 UltraKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Kepoin harga gitar Ed Sheeran di konser pakai Circle to Search Samsung Galaxy S24 Ultra

Hasil pencarian gitar Ed Sheeran saat manggung di konser Mathematics Tour di Jakarta pada 2 Maret 2024Sheeran Guitars Hasil pencarian gitar Ed Sheeran saat manggung di konser Mathematics Tour di Jakarta pada 2 Maret 2024

Dari pencarian ini, kami mendapat banyak informasi, salah satunya gitar milik Ed Sheeran berkolaborasi dengan Lowden Guitars. Lowden Guitars merupakan butik, alias “surganya” pemain gitar karena mereka membuat gitar buatan tangan (handmade) dengan teknik khusus, dapat dikustomisasi sesuai permintaan konsumen.

Gitar sejenis ini juga punya ciri khas yang tidak sama seperti di pasaran. Sebab, bentuknya punya keunikan tersendiri, bahan kayu yang digunakan juga berbeda, dan lain sebagainya. Ringkasnya, gitar buatan tangan seperti ini pastinya dibanderol dengan harga tinggi karena dibuat eksklusif.

Nah, spekulasi tersebut terbukti benar. Menurut penelusuran kami, gitar handmade Ed Sheeran ini dijual sekitar Rp 92 juta. Fakta menariknya, gitar mahal tadi umumnya digunakan Ed Sheeran ketika manggung di stadium. Sementara untuk edisi tour, ada gitar khusus lainnya yang dibanderol dengan harga lebih rendah, yakni Rp 13 juta.

Baca juga: Expert RAW Samsung Galaxy S24 Ultra di Konser Ed Sheeran Jakarta Bikin Hasil Foto “Like a Pro”

Kepoin OOTD Calum Scott

Penampilan Calum Scott di acara pembuka konser Ed Sheeran di JakartaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Penampilan Calum Scott di acara pembuka konser Ed Sheeran di Jakarta

Selain “kepoin” gitar Ed Sheeran, kami juga melakukan mencari tahu setelan yang digunakan penyanyi Calum Scott. Calum Scott menjadi penyanyi pembuka di konser Ed Sheeran.

Dari bangku penonton, ia terlihat mengenakan jaket dan celana yang senada berwarna emas dengan corak garis warna hitam.

Nah, saat dicari menggunakan fitur Circle to Search, pakaian yang dikenakan Calum Scott merupakan busana koleksi Evening Capsule bikinan desainer kenamaan asal Belgia, Dries Van Noten. Ia merupakan desainer yang ahli mencocokkan motif-motif unik untuk fashion pria.

Kepoin OOTD (Outfit of the Day) Calum Scott di acara pembuka konser Ed Sheeran di JakartaKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Kepoin OOTD (Outfit of the Day) Calum Scott di acara pembuka konser Ed Sheeran di Jakarta

Untuk harga satu jaket yang diberi nama “Jacquard Bomber”, harganya dibanderol seharga 1.835 euro atau setara Rp 32 juta. Sementara itu, Jacquard Pants, alias celana dijual seharga Rp 18.3 juta.

Calum Scott juga tampak mengenakan baju putih. Tidak diketahui apakah pakaian tersebut juga satu edisi dengan koleksi Evening Capsule. Jika masih satu edisi, kemeja dengan nama "Stripped Silk Shirt" itu punya harga senilai 625 euro (Rp 10,6 juta).

Artinya, jika diakumulasi, harga outfit Calum Scott mencapai lebih dari Rp 60 juta.

Walau fitur Circle to Search tidak punya kontribusi yang signifikan terhadap hasil gambar yang dihasilkan selama konser, bantuan fitur AI ini bisa memberikan informasi dan fakta unik di balik konser Ed Sheeran yang berlangsung di Jakarta kemarin.

Kami tidak hanya dapat menikmati lantunan musik yang dinyanyikan, tetapi juga mendapatkan berbagai macam fakta-fakta unik dan menarik. Mulai dari asal usul gitar yang dimainkan Ed Sheeran, hingga harga outfit yang dikenakan Calum Scott.

Jika Anda penasaran soal hasil foto konser Ed Sheeran di Jakarta menggunakan Samsung Galaxy S24 Ultra, bisa baca artikel “Memotret Serunya Konser Ed Sheeran di Jakarta Pakai “HP Konser” Samsung S24 Ultra”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com