Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur AI Samsung Galaxy S24 "Sulap" Fancam Konser Coldplay Singapura Jadi Sinematik

Kompas.com - 29/01/2024, 10:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini ponsel flagship terbaru Samsung Galaxy S24 series hadir dengan serangkaian fitur AI, atau dikenal Galaxy AI.

Salah satu fitur yang seru untuk digunakan adalah instant slow motion.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menerapkan efek gerakan lambat atau slow motion pada video apapun. Fitur instant slow motion ini bisa diterapkan pada video dengan frame rate 30 fps maupun 60 fps.

Dengan instant slow motion, pengguna bisa bebas merekam video apapun dan bisa mengubahnya menjadi video slow motion langsung di galeri ponsel. Tak perlu lagi mengeditnya via aplikasi edit video macam CapCut, misalnya.

Dengan efek slow motion, video pengguna akan menampilkan gerakan obyek yang diperlambat, sehingga terlihat lebih dramatis.

KompasTekno sudah mencoba fitur instant slow-mo di beberapa kesempatan lewat Samsung S24 Ultra. Penggunaan fitur instant slow-mo ini mudah dan cepat. Hasilnya juga terbilang bagus dan mengesankan.

Hal ini berkat perangkat lunak "Pro Visual Engine" yang dikembangkan Samsung. Pro Visual Engine mengandalkan AI untuk menambahkan efek slow motion pada video.

Baca juga: 7 Fitur Galaxy AI yang Debut di Trio Samsung Galaxy S24

Apa yang dilakukan AI Pro Visual Engine di sini adalah membaca bingkai video secara berurutan, lalu menambahkan bingkai yang dihasilkan AI di antara bingkai tersebut. Dengan begitu, ketika video diperlambat (1/4x) dengan AI, video tetap terlihat mulus secara alami.

Untuk menggunakan fitur instant slow-mo, pengguna tinggal buka galeri. Pilih video yang ingin disulap menjadi slow motion. Tekan dan tahan video beberapa saat.

Nantinya, pengguna akan langsung melihat pratinjau gerakan video yang diperlambat. Selanjutnya, pengguna tinggal mengeklik edit (ikon pensil).

Lalu, pilih "adjust speed" ke opsi "1/4x". Di sana pengguna bisa menyesuaikan durasi efek slow motion pada video. Setelah selesai, klik "save as copy" untuk menyimpan video slow-mo, agar video aslinya tidak hilang. Lakukan hal yang sama pada video lain yang ingin disulap menjadi slow motion.

Baca juga: Fitur Circle to Search Galaxy AI Samsung S24 Dipakai Kepoin OOTD Suga BTS dan IU

Kami menggunakan fitur instant slow-mo ini untuk menyulap video 4K (30/60fps) fancam Coldplay Singapore menjadi lebih sinematik seperti video di bawah ini.

@kompastekno beauty of COLDPLAY SINGAPORA in slow motion. made with instant slow motion feature on Samsung S24 Ultra. you can turn any videos (30/60fps) into slow motion, thanks to AI. #AI #galaxyai #slowmotion #s24ultra #coldplay #coldplayconcert #singapore ? original sound - Tekno Kompascom
@kompastekno instant slo-mo Samsung Galaxy S24 Ultra is life changing. all you need is UHD/4K 60fps video. and you can add slo-mo effect in some parts of the video instantly just by holding it. #samsungs24 #galaxys24ultra #slomo #uhd ? snowfall (Slowed + Reverb) - Øneheart & reidenshi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com