Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Copilot Gratiskan AI GPT-4 Turbo

Kompas.com - 15/03/2024, 10:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Model bahasa besar (large language model/LLM) terbaru dan tercanggih buatan perusahaan kecerdasan buatan (AI) OpenAI, yaitu GPT-4 Turbo kini bisa dijajal gratis oleh para pengguna.

Sebelumnya, GPT-4 Turbo hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar saja, seperti contohnya pelanggan Copilot Pro dengan banderol 20 dollar AS (sekitar Rp 311.000) per bulan.

Informasi akses gratis GPT-4 Turbo ini disampaikan oleh CEO Advertising and Web Services Microsoft, Mikhail Parakhin lewat akun X (dahulu Twitter) dia dengan handle @MParakhin. 

Baca juga: Mau Pakai AI Microsoft Copilot di Komputer? Ini Syaratnya

Dalam postingan terbarunya, Parakhin menyebut bahwa GPT-4 Turbo kini menggantikan model LLM standar GPT-4 di Copilot versi gratis.

Menyoal GPT-4 Turbo, LLM ini sederhananya mirip dengan GPT-4. Hanya saja, LLM tersebut menggunakan data hingga April 2023.

Dengan begitu, LLM ini akan lebih pintar dan pengetahuannya akan jauh lebih aktual, serta sanggup memberikan jawaban dari suatu peristiwa atau data hingga batas waktu tersebut (data di GPT-4 hanya mentok di September 2021).

Selain itu, GPT-4 Turbo juga mampu menerima dan memproses input teks lebih banyak, yaitu hingga 128.00 token atau setara dengan teks sebanyak 300 lembar. Bahkan, GPT-4 Turbo diklaim bisa merangkum satu buku utuh jika pengguna mau.

Baca juga: OpenAI Umumkan GPT 3.5 Turbo yang Lebih Murah

Nah, untuk mengakses GPT-4 Turbo, pengguna bisa langsung membuka layanan AI milik Microsoft, Copilot melalui berbagai platform (situs web, Windows PC, aplikasi Android atau iOS, dan lain sebagainya).

Menurut Parakhin, GPT-4 Turbo bisa diakses melalui mode "Creative" dan "Precise" di Copilot. Mode standar alias "Balanced", lanjut Parakhin, sebenarnya masih bisa memakai GPT-4 Turbo, tapi LLM ini akan dipakai di beberapa pemrosesan tertentu saja.

Ilustrasi GPT-4 TurboOpenAI Ilustrasi GPT-4 Turbo

Kenapa GPT-4 Turbo jadi gratis?

Belum jelas apa alasan Microsoft membuka akses GPT-4 Turbo ke pengguna gratisan. Namun menurut rumor yang beredar, Microsoft kini tengah menggodok GPT-4.5 Turbo yang pastinya akan lebih mumpuni dari GPT-4 Turbo.

Baca juga: AI Microsoft Copilot Kini Pakai GPT-4 Turbo, Jadi Makin Pintar dan Kaya Fitur

Kabarnya, hanya pengguna berbayar saja yang akan bisa mengakses GPT-4.5 Turbo ini, sedangkan pengguna gratisan hanya bisa mengakses GPT-4 Turbo saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet.com, Jumat (15/3/2024).

Apapun alasannya, layanan Copilot dan Copilot Pro jelas memiliki perbedaan, meski sama-sama bisa mengakses GPT-4 Turbo.

Berdasarkan laman resmi Microsoft, pelanggan Copilot Pro akan mendapatkan akses prioritas ke GPT-4 Turbo setiap waktu meski LLM tersebut sedang diakses banyak orang. Pengguna juga bisa beralih dari GPT-4 Turbo ke GPT-4 sesuka hati dengan akses tombol.

Di sisi lain, pelanggan Copilot "reguler" hanya bisa mengakses GPT-4 Turbo apabila pengguna yang mengaksesnya sedikit alias sedang sepi. Dalam kondisi ini, Copilot mungkin akan memakai LLM biasa, yaitu GPT-4.

Selain akses prioritas GPT-4 Turbo, pelanggan Copilot Pro juga akan bisa mengakses layanan Copilot di beberapa aplikasi Microsoft seperti Microsoft 365, menggunakan alat edit gambar berbasis AI dengan pemrosesan lebih cepat, dan lain sebagainya.

Pengguna bisa menjajal dan mengakses Copilot yang sudah ditenagai dengan GPT-4 Turbo melalui tautan berikut ini dan masuk menggunakan akun Microsoft mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com