Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Musik Spotify Hadir di Indonesia

Kompas.com - 14/03/2024, 12:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan streaming musik Spotify resmi merilis fitur baru Music Videos pekan ini. Fitur tersebut, yang masih dalam tahap awal (beta), memungkinkan pengguna menonton video musik dari lagu yang mereka dengar di Spotify.

Fitur Music Videos diwakili dengan tombol "Switch to video" yang bisa ditemui pengguna di laman pemutaran lagu alias "Now Playing" aplikasi Spotify di berbagai platform, mulai dari Android, iOS, website, dan aplikasi TV. 

Ketika tombol tersebut diklik, pengguna akan disuguhkan dengan video musik dari lagu yang tengah didengar. Tampilan video ini sendiri akan mengikuti orientasi atau mode layar ponsel pengguna.

Jika tampilan layar ponsel sedang dalam mode portrait, maka video akan ditayangkan di jendela Now Playing. Di sisi lain, apabila layar ponsel sedang dalam mode landscape, maka video akan ditayangkan secara layar penuh (full screen).

Baca juga: Spotify Bakal Punya Video Musik seperti YouTube?

Nah, apabila pengguna ingin kembali mendengarkan versi audionya, maka mereka bisa mengeklik tombol "Switch to audio" di tempat yang sama dengan tombol "Switch to video" tadi.

Perlu dicatat, untuk saat ini, tidak semua lagu di Spotify memiliki video musik atau bisa ditonton lewat fitur Music Videos. Sebab, fitur ini hanya bisa dinikmati jika mendengarkan lagu dari beberapa musisi saja, seperti Ed Sheeran, Doja Cat, Ice Spice, dan lain sebagainya.

Ke depannya, Spotify mengatakan pihaknya akan terus menambah daftar video musik yang bisa ditonton di layanan streaming musik tersebut.

Fitur Music Videos sudah bisa dijajal di 11 negara, mulai dari beberapa negara di Eropa, Kolombia, Kenya, Filipina, hingga Indonesia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Spotify.com, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Jumlah Pengguna Spotify Tumbuh pada 2023, Tembus 600 Juta

Untuk menonton video musik dari artis populer di Spotify, pengguna harus berlangganan layanan Premium yang dibanderol dengan harga termurah Rp 9.500 untuk 1 minggu, atau Rp 54.990 untuk 2 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com