Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Tampilan WhatsApp Android Berubah, Ini Bedanya dengan Versi Lama

Kompas.com - Diperbarui 15/03/2024, 08:47 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti X (dulu Twitter), tengah ramai soal perubahan tampilan WhatsApp untuk perangkat berbasis Android. Banyak warganet yang mengungkapkan tampilan WhatsApp Android berubah.

Dari perubahan tampilan WhatsApp Android itu, beberapa warganet ada yang tidak suka. Kemudian, ada pula yang tak menyangka karena perubahan berjalan tiba-tiba. Melihat keramaian ini, lantas seperti apa perubahan tampilan WhatsApp Android?

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak ulasan di bawah ini mengenai tampilan WhatsApp Android berubah seperti yang ramai dibicarakan di medsos, serta perbedaannya dengan tampilan versi lama.

Perubahan tampilan WhatsApp Android

Tampilan WhatsApp berubah di perangkat Android sejatinya tidak berjalan baru-baru ini. Perubahan tampilan WhatsApp di perangkat Android sudah mulai bergulir sejak sekitar pertengahan tahun lalu.

Perubahan tampilan WhatsApp Android secara signifikan merombak tata letak bar menu utama. Perbedaan antara tampilan WhatsApp Android versi baru dan lama bisa dilihat lebih lanjut pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp Android. Tampilan WhatsApp Android versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp Android. Tampilan WhatsApp Android versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).

Dari gambar tersebut, diketahui bahwa perubahan tampilan menyebabkan bar menu utama, yang berisi menu “Chat”, “Status”, “Communities”, dan “Calls”, pada aplikasi WhatsApp menjadi berada di bawah kolom daftar obrolan.

Perubahan ini membuat tampilan WhatsApp Android menjadi mirip dengan tampilan WhatsApp di perangkat iOS atau iPhone. Sebelum terdapat perubahan, bar menu utama di WhatsApp Android terletak di atas kolom daftar obrolan.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Disimpan atau Tidak, Mudah dan Praktis

Menurut WABetaInfo, situs pembocor fitur-fitur baru WhatsApp, tampilan WhatsApp Android yang berubah menjadi mirip tampilan WhatsApp iPhone ini, ditujukan agar pengguna dapat memperoleh pengalaman yang sama saat memakai WhatsApp di HP Android dan iPhone.

Jadi, pengguna tidak akan kaget atas tampilan menu ketika harus beralih dari menggunakan WhatsApp di HP Android ke iPhone dan sebaliknya.

KompasTekno telah mendapat perubahan tampilan WhatsApp ini pada aplikasi WhatsApp beta Android versi 2.23.12.12.

Ada tab baru di WhatsApp Android

WhatsApp tampaknya tengah melakukan perombakan pada aplikasi pesan instannya. Selain tampilan bar menu yang berubah, terdapat tab khusus yang memungkinkan pengguna menyortir daftar obrolan di aplikasi WhatsApp.

Di tab khusus itu, terdapat beberapa menu penyortiran percakapan yang meliputi, menu “All” atau “Semua” untuk menampilkan semua percakapan, menu “Unread” untuk menampilkan percakapan yang belum dibaca, dan menu “Grup” untuk menampilkan percakapan grup.

Tab baru ini berada di atas daftar obrolan. Adapun tampilan tab baru untuk menyortir percakapan di aplikasi WhatsApp adalah sebagai berikut.

Tampilan tab baru di aplikasi WhatsApp untuk menyortir pesan.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Tampilan tab baru di aplikasi WhatsApp untuk menyortir pesan.

Tab baru pada aplikasi WhatsApp seperti gambar di atas telah disiapkan sejak sekitar September 2023. KompasTekno saat ini telah mendapatkan tab baru tersebut pada aplikasi WhatsApp Android beta versi 2.24.6.10.

Baca juga: Bahaya Pakai Social Spy WhatsApp yang Perlu Diwaspadai, Bisa Kena Scam

Bila saat ini belum mendapatkan tampilan bar menu dan tab baru di aplikasi WhatsApp, harap bersabar. Pembaruan pada aplikasi WhatsApp biasanya digelontorkan secara bertahap.

Pengguna juga bisa mencoba memperbarui aplikasi WhatsApp untuk mendapatkan tampilan bar menu dan tab baru.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com