Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Samsung Galaxy M35, Spesifikasi Mirip Galaxy A-series

Kompas.com - 18/03/2024, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung tampaknya sedang mempersiapkan smartphone Galaxy M-series terbarunya yang bernama Samsung Galaxy M35. Kabarnya, perangkat ini dilengkapi dengan spesifikasi yang mirip Samsung Galaxy A35, HP yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu.

Salah satu indikasinya diketahui dari kemunculan Samsung M35 di situs benchmark, Geekbench.

Smartphone tersebut tertulis memiliki nomor model “SM356B”. Dari pengujian Geekbench, Samsung M35 ditenagai oleh chipset Exynos 1380.

Samsung Galaxy M35 yang diduga memiliki nomor model SM-M356B muncul di situs benchmark, GeekbenchGeekbench Samsung Galaxy M35 yang diduga memiliki nomor model SM-M356B muncul di situs benchmark, Geekbench

Exynos 1380 merupakan chip yang juga disematkan ke Samsung A35. Pengujian skor untuk satu core-nya mencapai 656 poin, sedangkan skor multiscore-nya adalah 1.967 poin.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A35 5G di Indonesia

Chip bikinan Samsung ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 5 nanometer (5 nm) yang terdiri dari delapan inti.

Delapan core tersebut terbagi dalam dua klaster. Klaster pertama adalah empat inti Cortex-A78 yang dengan clockspeed mencapai 2,4 GHz, sedangkan klaster kedua terdiri dari Cortex-A55 yang berfrekuensi 2 GHz. Kartu pengolah grafis, alias GPU-nya, mengandalkan Mali G68. 

Chip Exynos 1380 juga mendukung storage UFS 3.1 dan RAM LPDDR4x dan LPDDR5. Namun, masih belum diketahui opsi RAM dan storage apa yang bakal ditawarkan oleh Samsung M35. Yang jelas, Geekbench melaporkan Galaxy M35 memiliki opsi RAM 6 GB dan menjalankan sistem operasi Android 14.

Pengujian yang dilakukan Geekbench juga mengonfirmasi bahwa Samsung M35 benar-benar ditenagai oleh Exynos 1380.

Kendati begitu, rincian spesifikasi lainnya masih belum diketahui lebih lanjut. Seperti yang dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (18/3/2024), ada potensi bahwa spesifikasi lain yang dihadirkan bakal punya banyak kesamaan dengan Samsung A35.

Baca juga: Harga Samsung M35 Rp 4 Jutaan, Ini 4 Beda Spesifikasinya Dibanding Galaxy M33

Sebab, pendahulunya, Samsung Galaxy M34 juga turut dilengkapi spesifikasi yang sebelas-dua belas dengan seri Galaxy A, khususnya Samsung A34.

Misal, kompak memiliki layar berpanel Super AMOLED, dihiasi poni "Infinity-U", RAM dan storagenya 8/128 GB, fast charging 25 watt, mendukung 5G, dan masih banyak lagi.

Boleh jadi, Samsung masih akan menerapkan strategi yang sama untuk Samsung Galaxy M35. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rangkuman bocoran spesifikasi Galaxy M35 yang beredar di dunia maya.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy M35

Konon, Samsung Galaxy M35 masih akan membawa “DNA” desain yang seperti pendahulunya, Galaxy M34. Layarnya akan dirancang dengan model datar dan dihiasi poni menyerupai “waterdrop” ala Samsung yang diberi nama “Infinity-U”.

Layar ponsel diduga menggunakan panel AMOLED yang berukuran 6,6 inci dan refresh rate 120 Hz.

Samsung M35 tampaknya juga masih akan mempertahankan fitur unggulannya, yakni disokong baterai bongsor berkapasitas 6.000 mAH. Kemungkinan ponsel juga akan mendukung pengisian daya cepat berdaya 25 watt. 

Menurut prediksi GSM Arena, Samsung M35 akan menghadirkan opsi RAM yang lebih besar, seperti 8 GB. Di sisi lain, akan ada spesifikasi dari Samsung A35 di Samsung M55 yang bakal dipangkas. 

Misalnya, memangkas resolusi kamera belakang, tetapi jumlah kameranya tetap sama, yakni tiga sensor.

Pengurangan fitur lainnya, kemungkinan soal speaker atau ketahanan perangkat. Untuk sistem operasinya, Samsung M35 tampaknya akan menjalankan OS Android 14 yang dipoles dengan antarmuka (User Interface/UI) khas Samsung, OneUI 6.1.

Namun, perlu diingat informasi spesifikasi di atas sifatnya masih bocoran dan belum dapat dipastikan kebenarannya. Bisa saja ada perubahan di masa mendatang menjelang peluncuran resminya. Nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com