Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Game Handheld Legion Go Diklaim Laku Keras di Indonesia, Lenovo Akan "Restock"

Kompas.com - 19/03/2024, 17:05 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsol gaming handheld terbaru buatan Lenovo, yaitu Legion Go diklaim memiliki respons penjualan yang sangat baik di Indonesia.

Hal ini disampaikan Consumer Marketing Lead Lenovo Indonesia, Agnasta dalam acara temu media dan tech reviewer pada Jumat (15/3/2024) lalu.

Nah, dalam momen itu, sosok yang akrab disapa Agnes tersebut mengeklaim bahwa Legion Go merupakan perangkat yang meraih rekor untuk Lenovo di Tanah Air.

"Saya tidak menyangka konsumen di sini antusias sekali dengan Legion Go, bahkan pada masa pemesanan  (pre-order/PO)  di 8 November 2023 lalu, Legion Go menjadi perangkat dengan jumlah pemesan terbanyak sepanjang bisnis Lenovo di Indonesia," kata Agnes kepada KompasTekno beberapa hari lalu.
Baca juga: Lenovo Rilis Tablet Gaming Legion Y700 Versi Baru, Punya Konektor USB-C Ganda

Agnes tak mengumbar berapa banyak unit Legion Go yang terjual di Indonesia pada masa PO tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa konsol gaming handheld ini ludes dipesan konsumen hanya dalam waktu kurang dari tujuh hari.

Ia pun mengaku bahwa saat ini, per pertengahan Maret 2024, stok Legion Go sebenarnya sudah habis di gudang Lenovo, dan yang tersisa hanyalah perangkat-perangkat yang dijual oleh para mitra dan distributor.

Meski demikian, mengingat antusias yang cukup tinggi terhadap perangkat gaming tersebut, Agnes memastikan pihaknya akan melakukan penambahan unit Legion Go secara bertahap di Indonesia.

"Semua unit Legion Go di kami sudah terjual habis per sekarang ini, dan karena cukup laku, kami akan melakukan restock dalam beberapa waktu ke depan," pungkas Agnes tanpa menyebut kapan dan berapa unit Legion Go yang akan ditambahkan ke pasar.

Spesifikasi dan harga Legion Go

Lenovo memastikan konsol gaming handheld pertamanya, Legion Go dijual di pasar Indonesia, mulai 8 November 2023. Harga Lenovo Legion Go di Indonesia adalah Rp 13.499.000. KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Lenovo memastikan konsol gaming handheld pertamanya, Legion Go dijual di pasar Indonesia, mulai 8 November 2023. Harga Lenovo Legion Go di Indonesia adalah Rp 13.499.000.

Lenovo Legion Go merupakan konsol gaming handheld berbasis Windows 11, sehingga perangkat ini bisa dibilang merupakan komputer (PC) mungil.

Perangkat ini memiliki wujud fisik yang mirip dengan Nintendo Switch, karena memiliki layar yang diapit oleh dua controller.

Secara desain, Legion Go dibekali layar Quad HD Plus IPS berukuran 8,8 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, dan refresh rate hingga 144 Hz. Panel ini menawarkan rasio layar 16:10, tingkat kecerahan maksimum 500 nits, dan gamut warna 97 persen DCI-P3.

Soal performa, Lenovo Legion Go ditenagai prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme. Prosesor ini memiliki kecepatan clock dasar 3,30 GHz dan kecepatan clock boost mencapai 5,10 GHz.

Konsol game Windows ini dibekali RAM 16 GB (LPDDR5X) dengan kecepatan hingga 7.500 MHz dan pilihan storage SSD yang mencakup 256 GB/512 GB/1 TB (PCIe 4.0, NVMe M.2 2242). Bila dirasa kurang cukup, pengguna bisa memperluas storage dengan kartu microSD hingga 2 TB.

Baca juga: Lenovo Legion Go dan Legion Glasses Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Pada sektor daya, Lenovo Legion Go ditopang baterai 49,2 WHr yang didukung teknologi pengisian cepat Super Rapid Charge.

Lenovo tidak mengumbar berapa besaran output daya teknologi tersebut, namun yang jelas, mereka mengeklaim baterai konsol portabel ini dapat terisi 70 persen dalam 30 menit.

Masih soal daya, Legion Go juga dibekali mode "Power Bypass", yang melindungi baterai dari degradasi ekstra, sekaligus menghilangkan panas yang biasanya dihasilkan saat mengisi daya. Jadi, pengguna bisa bermain Legion Go sambil melakukan pengisian daya.

Fitur pendukung lainnya mencakup layanan berlangganan Xbox Game Pass Ultimate selama tiga bulan, dual port USB-C, USB 4.0, DisplayPort 1.4, Power Delivery 3.0, Legion Space, Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6E, dan headphone jack 3,5 mm.

Perangkat berbobot 854 gram ini dibekali pula oleh teknologi pendingin "Legion Coldfront", yang diklaim membuat konsol tetap sejuk dan tidak bising, bahkan saat Legion Go mencapai TGP 25 Watt.

Di Indonesia, Legion Go dijual dengan harga Rp 13.499.000 dan bisa dibeli di sejumlah marketplace dan rekanan Lenovo di seluruh penjuru Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com