Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Lokal "Coral Island" Masuk Daftar 100 Game Populer Steam Deck

Kompas.com - 19/03/2024, 18:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Valve telah merilis daftar 100 game yang paling banyak dimainkan di konsol genggam (handheld) bikinannya, Steam Deck.

Data ini diurutkan dari nomor 1 ke 100 berdasarkan jumlah pemain aktif harian game tersebut. Angka ini dihitung sejak Maret 2023 hingga Maret 2024.

Salah satu game yang masuk ke daftar tersebut adalah game buatan Indonesia, Coral Island.

Game yang dikembangkan oleh Stairway Games asal Yogyakarta ini menempati peringkat ke-66 tepat di bawah game petualangan kucing Stray, dan di atas permainan simulasi kehidupan Disney Dreamlight Valley.

Coral Island sendiri merupakan game simulasi kehidupan singleplayer yang mirip seperti seri game Harvest Moon. Dalam game ini, pemain bisa bercocok tanam, beternak, dan berinteraksi dengan berbagai karakter nonpemain (NPC) dalam game.

Perbedaannya, game lokal ini menghadirkan alur cerita dan latar belakang tempat yang berbeda, jumlah karakter yang lebih banyak, elemen budaya Indonesia, teks (subtitle) berbahasa Indonesia, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Game Lokal Coral Island Jadi Finalis The Steam Awards 2023

Coral Island sendiri memang sepenuhnya kompatibel dengan konsol Steam Deck alias Steam Deck Verified.

Artinya, game Indonesia ini sepenuhnya dapat berfungsi dan tanpa masalah ketika dijalankan di konsol genggam Steam Deck. Game ini juga bisa dimainkan dengan lancar menggunakan kontrol dan resolusi layar bawaan.

Yang perlu dicatat, hal ini bisa dibilang bukanlah satu-satunya faktor yang membuat Coral Island masuk daftar game teratas.

Faktor lainnya, Coral Island memang dianggap sebagian pengguna sebagai game yang baik dan menyenangkan untuk dimainkan. Sampai-sampai, permainan tersebut pernah menjadi finalis ajang penghargaan game The Steam Awards 2023 yang digelar oleh Valve.

Saat itu, Coral Island masuk dalam kategori Sit Back and Relax Award, yakni penghargaan yang ditujukan untuk berbagai game terbaik dengan tempo permainan santai. Artinya, game dalam kategori ini bertolak belakang dari game kompetitif yang penuh aksi.

Coral Island bersaing dengan Dave the Diver, Cities Skylines II, Potion Craft: Alchemist Simulator, dan Train Sim World 4. Game Dave the Diver bikinan Mintrocket pun keluar sebagai pemenang penghargaan itu.

Bicara soal kualitas, Coral Island tampak digemari oleh gamer, dengan sebanyak 11.049 ulasan pengguna bernada positif dari total 12.556 ulasan (88 persen positif).

Jumlah pengguna aktif hariannya cukup konsisten di kisaran 1.500 pemain hingga 4.000 pemain dalam sepekan terakhir.

Baca juga: Steam Spring Sale 2024: Game PC Diskon hingga 95 Persen, Ini Rekomendasinya

Baldur's Gate 3 juaranya

ilustrasi Baldur's Gate 3Larian Studios ilustrasi Baldur's Gate 3
Melihat keseluruhan daftar 100 game paling populer di Steam Deck, Baldur's Gate 3 menjadi permainan yang menempati peringkat nomor satu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com