Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Epic Games Bikin Toko Aplikasi Pesaing Apple App Store dan Google Play Store

Kompas.com - 21/03/2024, 18:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Epic Games mengumumkan bahwa platform distribusi game miliknya, Epic Games Store akan hadir di platform iOS dan Android. Toko game ini akan meluncur tahun ini. Namun, Epic belum memberi informasi tanggal perilisannya secara rinci.

Ini merupakan langkah baru dari Epic Games. Epic Games Store sendiri semula hanya tersedia untuk pengguna dan gamer komputer (PC). Epic Games Store umumnya mendistribusikan game yang bisa dimainkan di sistem operasi (OS) Windows layaknya platform Steam milik Valve.

Dengan hadir di platform mobile, Epic Games Store menjadi toko distribusi multiplatform yang fokus pada game.

"Dengan ekspansi kami (Epic Games Store) di mobile, Epic Games Store akan menjadi platform distribusi game yang bisa digunakan di Android, iOS, PC, dan Mac (multiplatform)," kata Epic Games Store General Manager Steve Allison dalam panel Epic State of Unreal, di ajang Game Developers Conference (GDC) 2024, San Francisco, Kamis (21/3/2024).

"Penggunaan toko di berbagai platform ini akan dipersatukan oleh akun Epic pengguna," imbuh Allison.

Baca juga: Epic Games Gelar Pesta Diskon Spring Sale 2024, EA Sports FC 24 Cuma Rp 150.000-an

Perilisan toko aplikasi Epic Games Store di platform mobile ini boleh jadi merupakan ujung dari perseteruan Epic Games dan Apple. Epic Games dan Apple terlibat perselisihan hukum sejak 2020.

Saat itu Epic Games menuduh bahwa Apple membebankan aturan komisi yang terlalu tinggi kepada pengembang aplikasi. Perselisihan ini pun berlanjut, bahkan game populer buatan Epic Games yakni Fortnite diblokir dari toko aplikasi Apple App Store.

Google pun demikian. Mereka menendang game Fortnite dari toko aplikasi Google Play Store.

Jika Epic Games Store di platform mobile resmi dirilis, maka Epic Games akan lebih leluasa merilis game dan bisa kembali menghadirkan game battle royale Fortnite.

Selain itu, Epic Games akan mengajak berbagai rekanan pihak ketiga (third-party) untuk bergabung dalam peluncuran platform tersebut, walaupun tidak dirincikan nama dan jenis perusahaan itu.

Epic Games juga akan menghadirkan sejumlah tools yang akan mempermudah developer mobile merilis aplikasinya sendiri secara mandiri.

Melihat perilisan Fortnite di Epic Games Store mobile dan klaim Epic sebagai toko distribusi multiplatform pertama, boleh jadi toko Epic di mobile tidak hanya dimanfaatkan untuk membeli game, tetapi juga untuk bermain game.

Sebagai perbandingan, platform Steam juga memiliki aplikasinya sendiri di iOS dan Android. Akan tetapi, Steam di mobile hanya digunakan untuk membeli game, menggunakan sistem keamanan Steam Guard, dan menelusuri aktivitas teman pengguna.

Baca juga: Xbox, Spotify, dan Epic Games Kompak Serang Apple, Ada Apa?

Model bisnis sama seperti PC

Epic Games Store General Manager Steve Allison dalam panel Epic State of Unreal, di ajang Game Developers Conference (GDC) 2024, San Francisco, Kamis (21/3/2024). Allison mengumumkan bahwa Epic Games Store akan tersedia di iOS dan Android.YouTube Epic Games Store General Manager Steve Allison dalam panel Epic State of Unreal, di ajang Game Developers Conference (GDC) 2024, San Francisco, Kamis (21/3/2024). Allison mengumumkan bahwa Epic Games Store akan tersedia di iOS dan Android.
Allison menjelaskan bahwa Epic Games Store di mobile akan menawarkan persyaratan yang sama seperti di PC.

Artinya, developer yang mendistribusikan game-nya di Epic bakal menggunakan sistem bagi hasil 88/12. Developer menerima sebanyak 88 persen dari keuntungan yang dihasilkan game, sedangkan Epic hanya menerima 12 persen saja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com