Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy A55

Kompas.com - 24/03/2024, 09:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung meluncurkan beberapa ponsel baru di Indonesia pada awal Maret 2024, salah satunya adalah Gaalxy A55 yang merupakan penerus dari Galaxy A54 keluaran tahun lalu.

Dibanding pendahulunya itu, Samsung Galaxy A55 menawarkan dapur pacu yang lebih bertenaga, layar lebih besar, hingga fitur Knox untuk meningkatkan sekuriti.

Baca juga: Samsung Galaxy A35 dan A55 Bawa Fitur Keamanan Warisan HP Flagship

KompasTekno mendapatkan sample unit ritel Galaxy A55 versi Indonesia, varian warna Awesome Ice-Blue. Kira-kira selengkap apa aksesori dalam boksnya dan seperti apa penampilannya?

Boks tipis, kelengkapan minimalis

Satu hal yang menjadi "ciri khas" dari ponsel-ponsel Samsung dalam beberapa tahun terakhir adalah kotak kemasannya yang tipis. Sebab, di dalamnya sudah tidak lagi terdapat aksesori charger.

Galaxy A55 pun tidak terkecuali. Di luar booklet panduan dan garansi, serta SIM card ejector tool, satu-satunya aksesori yang akan didapatkan pengguna adalah sebuah kabel tipe USB C ke USB C.

Kelengkapan aksesori di boks kemasan Samsung Galaxy A55KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kelengkapan aksesori di boks kemasan Samsung Galaxy A55

Tidak ada aksesori lain seperti softcase maupun pengisi daya.

Walhasil, jika ingin memanfaatkan kemampun fast charging 25 watt untuk mengisi baterai 5.000 mAh milik Galaxy A55, pengguna harus sudah memiliki charger yang sesuai atau membelinya secara terpisah.

Serupa tapi lebih besar

Dilihat sekilas, nyaris tak ada yang membedakan Galaxy A55 dari Galaxy A54 sebelumnya. Desain mereka mirip, sama-sama dengan layar Infinifty-O dan tiga lensa kamera belakang yang tertanam langsung di punggung.

Baca juga: Samsung Galaxy A55 5G: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Salah satu perbedaan paling signifikan adalah layar Galaxy A55 yang kini lebih besar dengan diagonal 6,6 inci, berselisih 0,2 inci dari layar Galaxy A54 yang berukuran 6,4 inci.

Bagian depan dan belakang dari Samsung Galaxy A55 varian warna Awesome Ice BlueKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian depan dan belakang dari Samsung Galaxy A55 varian warna Awesome Ice Blue

Tipe display panel yang digunakan masih tetap sama, yakni Super AMOLED dengan resolusi 2.340 x 1.080 piksel, refresh rate 120 Hz, HDR10 Plus, dan tingkat kecerahan 1.000 nits. Layar Galaxy A55 turut dibekali pemindai sidik jari di bagian bawah.

Seperti Galaxy A54 sebelumnya, Galaxy A55 pun memiliki punggung berlapis kaca. varian Awesome Ice Blue di tangan KompasTekno terlihat memiliki warna biru muda yang hampir terlihat seperti putih.

Perbedaan lain Galaxy A55 dari A54 terletak di bagian frame yang kini menggunakan logam aluminium, bukan plastik, dan berbentuk flat alias rata.

Tombol volume dan daya Galaxy A55 terletak di bagian frame yang menonjol. Di atas layar terdapat punch hole yang memuat kamera depanKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tombol volume dan daya Galaxy A55 terletak di bagian frame yang menonjol. Di atas layar terdapat punch hole yang memuat kamera depan
Bagian bawah (foto kiri) dan atas dari Galaxy A55KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian bawah (foto kiri) dan atas dari Galaxy A55

Seperti layaknya ponsel-ponsel Samsung keluaran terbaru, dua tombol pengatur volume dan tombol daya pun diletakkan di bagian yang menonjol (raised) dari frame ini.

Konektor USB C diletakkan di bagian bawah seperti biasa, berdampingan dengan loudspeaker, sementara laci SIM diletakkan di sisi atas perangkat.

Baca juga: Komparasi Samsung Galaxy A55 dan A54, Spesifikasi Meningkat, Harga Tak Jauh Beda

Laci SIM Galaxy A55 bisa memuat dua buah kartu nano SIM atau satu kartu nano SIM dan sebuah kartu memori micro SD. Ponsel ini juga sudah mendukung penggunaan eSIM.

Laci SIM dan pemindai sidik jari Galaxy A55KOMPAS.com/ OIK YUSUF Laci SIM dan pemindai sidik jari Galaxy A55

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com