Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Kini Bisa Pin Tiga Chat Penting Sekaligus

Kompas.com - 23/03/2024, 19:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya memungkinkan penggunanya untuk menyematkan (pin) pesan penting lebih banyak. Selama ini, pengguna hanya bisa menyematkan satu pesan penting saja di dalam chatroom atau ruang obrolan pribadi maupun grup.

Seperti sebelumnya, pesan yang dipin akan terpampang di sisi atas, tepat di bawah nama kontak atau grup. Pembaruan ini diumumkan WhatsApp lewat media sosial X dan saluran resmi WhatsApp.

"Bila Anda suka menyematkan pesan, Anda akan suka menyematkan tiga pesan. Karena sekarang Anda bisa menyematkan sampai tiga pesan dalam chat (WhatsApp)," demikian keterangan WhatsApp mengumumkan fitur barunya di X dengan handle akun @WhatsApp.

Secara teknis ruang pesan yang di-pin sebenarnya masih sama seperti sebelumnya. Hanya saja, ruang itu kini bisa menampung sampai tiga pesan.

WhatsApp juga menambahkan simbol tiga garis terputus yang menunjukkan bahwa ruang itu menampung beberapa pesan. Simbol itu terlihat di sisi kiri ruang pin chat WhatsApp.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Pin Lebih Banyak Chatroom dan Pesan WA?

Ilustrasi fitur pin pesan penting di WhatsApp sampai 3 pesanKompas.com/Lely Maulida Ilustrasi fitur pin pesan penting di WhatsApp sampai 3 pesan

Adapun untuk menambahkan pesan WhatsApp yang dipin, caranya sama seperti sebelumnya. Cukup tekan (hold) suatu pesan yang ingin disematkan, klik ikon tiga titik dan pilih opsi pin. Nantinya, pesan itu akan ditandai dan bisa dijangkau dari ruang pin chat WhatsApp.

Pengguna bisa mengulangi cara yang sama, untuk menambahkan pesan yang dipin sampai tiga kali. Bila pengguna mengulangi cara uang sama sampai empat kali, maka chat yang dipin pertama kali akan terganti.

Dengan mengklik ruang pesan yang di pin, pengguna akan langsung diarahkan ke pesan yang ditandai sebagai pesan penting. Kemudian bila pengguna menekan ruang itu lagi, WhatsApp akan menampilkan pesan penting selanjutnya.

Pembaruan ini sebenarnya adalah pembaruan minor, tetapi akan cukup membantu pengguna untuk menyematkan lebih banyak pesan yang dinilai penting. Bagi grup WhatsApp, dukungan ini juga bisa membantu admin mengingatkan pesan penting yang mungkin perlu diingat anggota grup.

WhatsApp tak merinci pengguna mana saja yang kebagian dukungan pin chat sampai tiga pesan. Pantauan KompasTekno fitur itu baru tersedia di WhatsApp Android beta versi 2.24.6.21 serta WhatsApp web versi 2.2412.1.

Bilapun nantinya tersedia, biasanya pembaruan fitur WhatsApp digulirkan secara bertahap.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip Pesan Suara di Ponsel Android

Fungsi fitur "Pin" WhatsApp

Fitur pin sudah tersedia sejak akhir tahun lalu. Dengan fitur ini, pesan yang disematkan di bagian paling atas jendela percakapan WhatsApp bisa dilihat dengan mudah.

Dalam penggunaannya, fitur ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk beragam hal, seperti untuk menyematkan pesan yang berisi alamat rumah, jadwal suatu kegiatan, dan beragam informasi penting lainnya.

Dengan kata lain, pengguna tak perlu repot-repot menggulirkan (scroll) layar mereka, atau mencari pesan tersebut dengan fitur Search, apabila ingin mencari pesan penting di suatu percakapan WhatsApp.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memakai fitur ini adalah pengguna hanya bisa menyematkan beberapa pesan saja untuk setiap jendela percakapan.

Kemudian, apabila ingin menyematkan suatu pesan di grup, hal ini bergantung pada peraturan yang ada di grup tersebut. Pasalnya, setiap admin grup bisa menentukan apakah anggota di dalam grupnya bisa menggunakan fitur Pin di dalam grup atau tidak.

Selain itu, pesan yang disematkan juga akan hilang dari tampilan atas jendela percakapan dalam batas waktu yang telah ditentukan pengguna, mulai dari 24 jam, 7 hari, hingga 30 hari. Dengan begitu, suatu pesan tidak bisa di-pin selamanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com