Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Ekspedisi Curi Ratusan Produk Apple Senilai Rp 20 Miliar

Kompas.com - 25/03/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Seorang mantan karyawan perusahaan ekspedisi, UPS, mencuri ratusan produk Apple dari sebuah gudang pengiriman di Winnipeg, Kanada. Pencuri tersebut menggondol ratusan produk Apple.

Pria bernama Beltrano itu menggasak sekitar 866 produk Apple dari gudang tempat dia bekerja sejak tahun 2013. Bila ditotal, nilai keseluruhan perangkat itu senilai lebih dari 1,3 juta dollar Amerika Serikat (sekitar Rp 20,5 miliar).

Perangkat itu kemudian dijual kembali di daerah Kijiji demi mendapat keuntungan.

Menurut laporan outlet media Kanada, Global News dan Free Press, Beltrano sebelumnya menjabat sebagai supervisor UPS di Winnipeg.

Adapun aksinya teridentifikasi setelah UPS melakukan penyelidikan pada bulan Desember 2023. Pasalnya UPS merasa curiga setelah banyak produk Apple hilang dari gudang Winnipeg.

Pihak UPS juga memasang kamera CCTV dan menemukan bahwa Beltrano lah pencurinya. Salah satu aksi yang terekam adalah saat pria itu mencuri produk dari palet yang seharusnya dikirim ke Ontario.

Baca juga: Kurir Curi 33 iPhone demi Beli Mobil untuk Pacarnya

Menurut UPS, Beltrano diduga mencuri lebih dari 120 unit iPhone dalam satu shift pada Januari 2024.

iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15 reguler dipajang di toko Apple.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Plus, dan iPhone 15 reguler dipajang di toko Apple.
Setelah diselidiki oleh pihak kepolisian, Beltrano ternyata menyetor lebih dari 232.000 dollar AS (sekitar Rp 3,6 miliar) ke rekeningnya selama September 2023 - Januari 2024.

Di rumah dan kendaraannya, penyelidik juga menemukan uang tunai senilai total 9.000 dollar AS (sekitar Rp 142 juta), laptop Mac, serta perhiasan senilai lebih dari 9.000 dollar AS.

Menurut pengakuan Beltrano, ia mencuri produk Apple dan perhiasan dari gudang UPS. Dari hasil curian itu, dia membeli rumah senilai 680.000 dollar AS (sekitar Rp 10,7 miliar) dan melunasi mobil hatchback Audi senilai 60.000 dollar AS (sekitar Rp 948 juta) yang dia beli pada tahun 2021.

Karena aksinya itu, Beltrano dipecat dari UPS pada 22 Januari 2024. Oleh otoritas terkait, dia juga didakwa karena beberapa aksi curian serta kepemilikan barang hasil dari praktik ilegal.

Di samping itu, jaksa penuntut meminta pengadilan untuk mengizinkan penyitaan rumah, uang tunai, rekening bank hingga kendaraan milik pria itu, dilansir KompasTekno dari MacRumors, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Wanita di China Curi iPhone 14 Plus dengan Cara Gerogoti Kabel Anti-Maling

Kasus serupa, pencurian 33 iPhone demi pacar

Kasus serupa pernah terjadi pada November 2023. Saat itu seorang kurir pengiriman berusia 21 tahun mencuri 33 iPhone demi pacarnya. Peristiwa ini terjadi di Turki.

Kurir bernama Azim G itu bekerja di sebuah perusahaan ekspedisi di kota Adana, Turki. Tugas terakhir yang dia jalankan yaitu mengirimkan 33 unit iPhone.

Puluhan iPhone itu ditaruh dalam sebuah boks. Boks tersebut seharusnya dikirimkan ke toko perangkat elektronik di sebuah pusat perbelanjaan. Namun, sang kurir malah mencurinya.

Halaman:
Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com