Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puji Headset AR Apple Vision Pro, Bos ChatGPT: Tercanggih sejak iPhone

Kompas.com - 13/02/2024, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - CEO OpenAI, perusahaan pembuat chatbot AI ChatGPT Sam Altman, memuji perangkat augmented/virtual reality (AR/VR) perdana Apple, yaitu Vision Pro.

Pujian itu disampaikan Sam secara terang-terangan lewat sebuah unggahan via akun X (dahulu Twitter) dia dengan handle @sama.

Lewat unggahan X tersebut, Sam mengatakan bahwa Vision Pro adalah perangkat yang paling mengesankan, atau bisa dibilang tercanggih kedua setelah iPhone.

"Vision Pro adalah teknologi paling mengesankan kedua sejak iPhone," tulis Sam.

Sam tak mengumbar alasan mengapa ia menyebut perangkat yang dijuluki Apple sebagai spatial computing tersebut mengesankan.

Namun, komentar Sam ini kemungkinan ada hubungannya dengan promosi aplikasi chatbot bikinan OpenAI, yaitu ChatGPT yang belum lama ini meluncur dan tersedia di Vision Pro (via App Store).

Baca juga: Ketika Apple Vision Pro Harga Rp 55 Juta Dibenturkan ke Tembok dan Dijatuhkan...

Di Vision Pro, pengguna bisa memanfaatkan ChatGPT untuk bertanya akan banyak hal dengan perintah suara. Selain itu, ChatGPT juga bisa diajak diskusi, sehingga pemakai Vision Pro bisa berinteraksi secara interaktif layaknya dengan orang lain.

Elon Musk juga sempat komentar soal Vision Pro

Orang terkaya di dunia versi Forbes per November 2023.SHUTTERSTOCK/FREDERIC LEGRAND - COMEO Orang terkaya di dunia versi Forbes per November 2023.

Di samping Sam Altman,  pemilik X, yaitu Elon Musk juga sempat memberikan komentarnya terhadap Vision Pro lewat handle X-nya @elonmusk.

Berbeda dengan Altman, Musk mengatakan bahwa Vision Pro belum cukup layak disebut sebagai barang canggih yang melampaui produk Apple lainnya, contohnya seperti iPhone.

"Saya sempat menjajal Vision Pro, tapi barang tersebut tak membuat saya takjub. Sejujurnya, jika dibandingkan dengan iPhone 1, ponsel ini juga bukan sebagai barang yang membuat saya terkesan juga, lantaran belum memiliki banyak fungsi," kata Elon Musk.

"Namun, hal itu berubah pada era iPhone 3, dan di sini saya berani mengatakan bahwa pada saat itu, ponsel tersebut merupakan ponsel terbaik yang ada di dunia," imbuh Elon Musk.

Baca juga: Kacamata AR Apple Vision Pro Dibongkar, Ternyata Banyak Bautnya

Belum bisa diketahui apakah Vision Pro akan mengikuti kesuksesan iPhone atau tidak. Bisa dibilang, iPhone semakin berkembang dari tahun ke tahun sejak peluncuran pertamanya pada 2007.

Sehingga, ada kemungkinan Vision Pro juga akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan, apabila masih dikembangkan secara serius oleh Apple, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (13/2/2024).

Saat ini, Vision Pro sendiri kabarnya telah terjual sebanyak sekitar 200.000 unit, dan hal ini konon menandakan bahwa pengguna tertarik membeli dan menjajal barang berbanderol Rp 55 jutaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com