Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Meizu 21 Note Meluncur dengan Flyme AIOS, Software AI Buatan Meizu

Kompas.com - 17/05/2024, 11:36 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal China, Meizu resmi meluncurkan smartphone terbarunya dari Meizu 21 series, yaitu Meizu 21 Note. Ponsel ini dirilis di China pada Kamis (16/5/2024).

Sebelumnya, Meizu pada Februari 2024 menyatakan bahwa mereka tidak lagi memproduksi smartphone di masa depan, tetapi fokus untuk menggarap kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Saat itu, Meizu 21 Pro yang dipasarkan pada Februari 2024 diyakini menjadi smartphone terakhirnya. Lahirnya Meizu 21 Note ini membuktikan bahwa Meizu belum berhenti di pasar smartphone.

Justru, Meizu meningkatkan kemampuan smartphone mereka dengan teknologi AI, lewat software Flyme AIOS yang dijalankan Meizu 21 Note.

Baca juga: Meizu Tak Lagi Bikin Smartphone, Fokus Kembangkan AI

Dengan Flyme AIOS, Meizu 21 Note menjadi smartphone pertama Meizu yang menjalankan software ini, sekaligus menjadi smartphone AI terbaru Meizu.

Flyme AIOS sejatinya adalah UI Meizu, yakni Fylme OS yang ditingkatkan dengan integrasi AI. Software ini dirancang berbasis Android 14.

Flyme AIOS diklaim memiliki lebih dari 40 fungsi AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Adapun kemampuan AI yang ditawarkan OS ini adalah "AI Answer" yang mampu menginterpretasikan dokumen dan merangkum isi web, tanpa perlu membuka halaman web.

Flyme AIOS juga memiliki kemampuan untuk membantu pengguna mengabaikan telepon spam dan membalas isi pesan dengan bantuan AI.

Antarmuka ini juga membawa kemampuan kecerdasan buatan generatif lain, yakni fitur penerjemah bahasa secara real-time dan pemesanan (booking) janji temu.

Kemampuan AI tersebut dimungkinkan berkat System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) bikinan Qualcomm yang mengotaki Meizu 21 Note. SoC tersebut dibekali fitur Snapdragon Smart dan didukung prosesor Qualcomm Hexagon untuk AI.

Snapdragon 8 Gen 2 memiliki delapan inti (octa-core) yang mencakup satu inti Cortex-X3 (clockspeed 3,2 GHz), dua inti Cortex-A715 (2,8 GHz), dua inti Cortex-A710 (2,8 GHz), dan tiga inti Cortex-A510 (2 GHz). Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno 740.

Sebagai perbandingan, Meizu 21 Pro diotaki oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm) dengan kecepatan clock maksimum 3,3 GHz.

Meizu 21 Note turut dilengkapi dengan RAM 16 GB dan media penyimpanan (storage) 256 GB/512 GB. Ini berbeda dari Meizu 21 Pro yang dibekali opsi RAM 12 GB/16 GB dan kapasitas storage 256 GB/512 GB/1 TB.

Gawai terbaru Meizu ini memiliki layar 8T LTPO OLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.780 x 1.264 piksel), refresh rate adaptif 1 Hz hingga 144 Hz, tingkat kecerahan maksimum 5.000 nits, HDR 10 Plus, dan kerapatan piksel 450 ppi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com