Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 19/05/2024, 12:04 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa trik di aplikasi WhatsApp atau WA yang cukup berguna dan perlu untuk diketahui pengguna. Salah satu trik itu seperti cara melihat status WA tanpa diketahui pembuat atau pemiliknya.

Sebagaimana cukup umum diketahui, status di WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pembuatnya mengetahui siapa saja kontak yang telah melihat status tersebut. Jadi, misal pengguna melihat status WA itu, pembuatnya akan mengetahui aktivitas tersebut.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Tebal atau Bold di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Sebagian pengguna mungkin bakal merasa terganggu dengan fitur yang memungkinkan pembuat status WhatsApp mengetahui siapa saja kontak yang telah melihatnya. Pasalnya, aktivitas pengguna untuk melihat status itu menjadi seperti diawasi.

Pengguna jadi tidak dapat melihat status WhatsApp yang diunggah pengguna lain dengan lebih privasi. Lantas, sebenarnya apakah kita bisa melihat status WA tanpa diketahui pembuatnya?

Kabar baiknya adalah pengguna sejatinya dapat melihat status WhatsApp tanpa diketahui pembuatnya. Jadi, meski pengguna telah melihat status WhatsApp milik pengguna lain, pembuatnya tak akan bisa melihat aktivitas tersebut.

Alhasil, pengguna bisa melihat status WA pengguna lain dengan lebih privasi. Lantaran bakal berguna untuk meningkatkan privasi, pengguna perlu untuk mengetahui cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan pembuatnya.

Lantas, bagaimana caranya agar kita tidak ketahuan melihat status WA? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan pemiliknya.

Cara melihat status WA tanpa diketahui

Cara melihat status WA tanpa diketahui pemiliknya itu pada dasarnya cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna cukup menonaktifkan fitur Laporan Dibaca atau tanda centang biru yang biasa muncul untuk memberitahu pengguna bahwa pesannya telah dibaca pengguna lain.

Saat tanda pesan telah dibaca atau centang biru dimatikan, informasi aktivitas melihat status WA dari pengguna juga akan disembunyikan. Dengan demikian, pemilik status WA itu tidak akan mengetahui jika pengguna telah melihat status tersebut.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp Pending dengan Mudah, Jangan Panik

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara melihat status WA tanpa diketahui pembuatnya dengan menonaktifkan tanda centang biru adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik menu “Settings”.
  • Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan “Privasi”.
  • Kemudian, nonaktifkan fitur Laporan Dibaca atau tanda centang biru.
  • Setelah tanda centang biru dimatikan, sekarang silakan buka status dari pengguna lain yang ingin dilihat tanpa ketahuan.
    Ilustrasi cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan dengan menonaktifkan tanda centang biru.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan dengan menonaktifkan tanda centang biru.
  • Kini, nama pengguna tak bakal muncul di daftar orang yang telah melihat status WA milik pengguna lain.
  • Seandainya fitur Laporan Dibaca atau tanda centang biru diaktifkan kembali, pembuat akan mengetahui bahwa status WA miliknya telah dilihat pengguna.

Ilustrasi cara melihat status WA tanpa ketahuan. Nama Anda tidak akan muncul di daftar orang yang telah melihat status WA saat menonaktifkan tanda centang biru (tengah). KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat status WA tanpa ketahuan. Nama Anda tidak akan muncul di daftar orang yang telah melihat status WA saat menonaktifkan tanda centang biru (tengah).

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Miring di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Cukup mudah bukan cara melihat status WA tanpa diketahui pembuatnya? Melalui cara di atas, pengguna dapat melihat status WA yang dibuat oleh pengguna lain dengan lebih privasi, tanpa khawatir aktivitasnya diketahui.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat status WhatsApp tanpa ketahuan pembuatnya dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com