Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Membuat Tulisan Unik Monospace di WhatsApp dengan Mudah

Kompas.com - 28/05/2024, 12:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam pembuatan chat di aplikasi pesan instan WhatsApp atau bisa disingkat WA. Salah satu panduan dasar itu seperti cara membuat tulisan unik di WhatsApp dengan format monospace.

Perlu diketahui, WhatsApp menyediakan beberapa format tulisan yang dapat dipakai pengguna untuk membuat chat. Salah satunya seperti yang dibahas pada artikel ini adalah format tulisan monospace.

Baca juga: Cara Membuat Notifikasi WhatsApp Suara Google Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Untuk diketahui, monospace adalah format yang membuat tiap huruf memiliki lebar yang sama. Di format lain, tiap huruf memiliki lebar yang berbeda. Cara membuat tulisan monospace di WA kiranya bakal berguna untuk pengguna.

Ilustrasi tulisan unik di WA dengan format monospace.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi tulisan unik di WA dengan format monospace.

Dengan menggunakan format monospace, pengguna pun bisa membuat tulisan unik di WhatsApp dengan lebar tiap huruf yang sama. Lantaran bisa membuat tulisan menjadi unik, pengguna penting untuk mengetahui cara membuat tulisan monospace di WA.

Lantas, bagaimana cara mengubah tulisan di WA menjadi unik dengan format monospace? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara membuat tulisan unik di WhatsApp dengan format monospace.

Cara membuat tulisan monospace di WA

Cara membuat tulisan monospace di WA itu pada dasarnya cukup mudah. Untuk membuatnya, pengguna tak perlu memakai aplikasi atau layanan dari pihak ketiga. Format monospace telah tersedia di WhatsApp secara langsung.

Setidaknya, terdapat dua cara membuat tulisan monospace di WhatsApp yang bisa dilakukan pengguna, yaitu menggunakan kode khusus dan tanpa kode. Jika menggunakan kode, pengguna perlu memasukkan simbol tertentu di tulisan yang ingin diformat monospace.

Jika tanpa kode, pengguna tak perlu memasukkan simbol tersebut, tetapi perlu mengakses opsi pengaturan format tulisan di WhatsApp. Adapun penjelasan yang lebih detail soal dua cara membuat tulisan unik di WA dengan format monospace itu adalah sebagai berikut.

Baca juga: 4 Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah buat Chat Langsung Tanpa Simpan Nomor

1. Cara membuat tulisan unik di WA format monospace dengan kode

Cara membuat tulisan unik di WA format monospace yang pertama adalah dengan menggunakan kode. Untuk diketahui, kode tulisan monospace di WhatsApp adalah menggunakan simbol tiga simbol backticks (''').

Simbol tiga backticks (''') disisipkan di awal dan akhir tulisan yang ingin dibuat berformat monospace. Misalnya, pengguna ingin membuat tulisan “Saya adalah budi” (tanpa tanda kutip) menjadi unik dengan format monospace di WhatsApp.

Supaya tulisan itu berformat monospace, sisipkan simbol tiga backticks (''') di depan dan belakang tulisan itu menjadi '''Saya adalah budi'''. Setelah simbol disisipkan, kirim tulisan tersebut dan tulisan akan berformat monospace

2. Cara membuat tulisan monospace di WhatsApp tanpa kode

Cara membuat tulisan monospace di WhatsApp yang kedua adalah dengan mengakses menu khusus. Jadi, pengguna tak perlu memakai kode seperti cara di atas. Adapun cara membuat tulisan unik di WA dengan format monospace tanpa kode adalah sebagai berikut:

  • Buka ruang obrolan di aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, ketik chat yang ingin dibuat menjadi berformat monospace.
  • Apabila chat sudah diketik, blok bagian kata atau kalimat yang ingin diubah menjadi berformat monospace.
  • Untuk mengebloknya, cukup sentuh dan tahan di kata atau kalimat yang dikehendaki. Kemudian, akan muncul pop-up menu di sisi atas.
  • Klik ikon titik tiga vertikal di ujung kanan pada menu tersebut dan pilih opsi “Monospace”.
  • Terakhir, tulisan akan memiliki format monospace sesuai opsi yang dipilih tadi.

Cukup mudah bukan cara membuat tulisan monospace di WA ? Dengan cara tersebut, pengguna bisa membuat chat dengan tulisan yang unik di WhatsApp menggunakan format monospace untuk berbagai keperluan.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat tulisan unik di WA dengan format Monospace secara mudah, baik dengan maupun tanpa kode. Sebagai informasi tambahan, selain format monospace, huruf di WhatsApp juga bisa diatur dengan beberapa format lain.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp Pending dengan Mudah, Jangan Panik

Misalnya, format tulisan tebal, miring, garis bawah, poin, dan lainnya. Tiap format tulisan itu bisa dibuat dengan cara yang berbeda-beda. Pengguna bisa membaca cara membuat tulisan WhatsApp dengan format-format itu di artikel ini “7 Format Teks WhatsApp”.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com