Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Login WhatsApp Menggunakan E-mail dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 26/05/2024, 13:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengelola akun pada aplikasi pesan instan WhatsApp. Salah satu panduan dasar itu adalah cara login WhatsApp menggunakan e-mail.

Lantas, apakah WhatsApp bisa login dengan e-mail? Perlu diketahui, untuk bisa menggunakan WhatsApp, pengguna perlu login akun yang biasanya dilakukan dengan memasukkan nomor telepon.

Baca juga: 4 Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah buat Chat Langsung Tanpa Simpan Nomor

Setelah itu, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi atau kode OTP ke nomor telepon tersebut melalui SMS. Kemudian, pengguna memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan via SMS tadi di aplikasi WhatsApp dan pengguna bisa mengakses akunnya.

Selain lewat nomor telepon, kini kode verifikasi untuk login akun WhatsApp bisa didapatkan melalui e-mail. Jadi, pengguna sekarang punya alternatif lain ketika hendak login WhatsApp, yaitu menggunakan e-mail.

Kode verifikasi WhatsApp nantinya bisa dikirim melalui e-mail. Lantas, bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp lewat e-mail? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara login WhatsApp dengan e-mail.

Cara login WhatsApp dengan e-mail

Cara login WhatsApp dengan e-mail itu pada dasarnya cukup mudah. Hal yang harus dilakukan pengguna adalah mendaftarkan alamat e-mail yang hendak digunakan untuk login akun di aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Tampilan WhatsApp di iOS Berubah, Begini Bedanya dengan yang Lama

Saat telah didaftarkan, pengguna bisa memakai alamat e-mail itu untuk login akun WhatsApp nantinya. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara login WhatsApp dengan e-mail adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  • Kemudian, pilih menu “Settings” dan klik opsi “Account”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Email address”.
  • Selanjutnya, klik opsi “Add Email” dan masukkan alamat e-mail yang nanti dipakai untuk menerima kode verifikasi saat hendak login akun WhatsApp.
  • Setelah memasukkan alamat e-mail, WhatsApp bakal mengirim kode verifikasi ke alamat e-mail itu.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim dan alamat e-mail berhasil terverifikasi.
  • Setelah e-mail didaftarkan, pengguna bisa mencoba untuk login WhatsApp. Saat hendak login WhatsApp, setelah memasukkan nomor telepon, kode verifikasi untuk login akun WhatsApp akan bisa dikirimkan via e-mail yang telah terdaftar tadi.

Ilustrasi cara login WhatsApp dengan e-mail.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara login WhatsApp dengan e-mail.

Cukup mudah bukan cara login WhatsApp dengan e-mail? Perlu diketahui, dikutip dari laman resmi WhatsApp, kode verifikasi hanya akan dikirim via e-mail jika pengguna telah mendaftarkan sebelumnya di aplikasi.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara login WhatsApp dengan e-mail secara mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web, Mudah dan Praktis

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com