Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Apple Intelligence, AI Generatif untuk iPhone, iPad, dan Mac

Kompas.com - 11/06/2024, 08:05 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengungkap fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif untuk aneka perangkatnya, termasuk iPhone, iPad, dan Mac.

Fitur itu disebut Apple Intelligence, yang diumumkan dalam acara konferensi tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC), Senin (10/6/2024) waktu Amerika Serikat atau Selasa (11/6/2024) waktu Indonesia.

Apple Intelligence akan diluncurkan pada sistem operasi terbaru Apple, meliputi iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia dan visionOS 2. Fitur AI generatif itu bakal tersedia secara gratis pada aneka OS tersebut.

CEO Apple, Tim Cook berkata bahwa Apple Intelligence menawarkan pengalaman yang sangat dipersonalisasi dan dibangun dengan mengutamakan keselamatan.

Sebab, fitur yang ada dalam AI generatif Apple ini didasarkan pada data dan konteks personal pengguna yang disimpan di perangkat.

Baca juga: Apple Umumkan iOS 18 untuk iPhone, Bawa Banyak Upgrade

Misalnya terkait rutinitas pengguna sehari-hari yang tersimpan di aplikasi Maps, dan lain sebagainya.

"Tentu saja (Apple Intelligence) itu dibangun dengan (perlindungan) privasi. Ini adalah kecerdasan pribadi dan ini adalah langkah besar berikutnya bagi Apple," kata Tim Cook.

Raksasa teknologi ini juga mengeklaim bahwa sebagian besar pemrosesan Apple Intelligence dilakukan secara lokal di perangkat berkat dukungan chip terbaru. Kendati begitu, ada pula fitur yang diproses di cloud, khususnya untuk tugas yang cukup berat.

Ilustrasi Apple IntelligenceMacRumors Ilustrasi Apple Intelligence

Bisa diakses dari Siri

Apple Intelligence seolah menjadi pelengkap asisten virtual Siri yang sudah ada selama satu dekade lebih. Dengan Apple Intelligence, Siri menjadi lebih pintar dari sebelumnya.

Apple kini menambahkan dukungan teks ke Siri, sehingga pengguna bisa mengetikan pertanyaan atau perintah ke Apple Intelligence lewat Siri. Dengan kemampuan itu, Siri tidak lagi hanya mendukung input suara.

Apple juga bekerja sama dengan OpenAI untuk membawa chatbot ChatGPT yang didukung Large Language Model (LLM) GPT 4.0 ke Siri. Dengan begitu, pengguna bisa mengakses ChatGPT terbaru tanpa membuat akun khusus.

Integrasi ChatGPT dengan Siri akan hadir di iOS, iPadOS dan macOS pada akhir tahun ini

Lebih lanjut Apple menjanjikan integrasi dengan LLM pihak ketiga lainnya, termasuk Google Gemini.

Baca juga: Terungkap, Usia iOS di iPhone Lebih Pendek dari HP Android

Fitur Apple Intelligence

Selain terintegrasi Siri, Apple Intelligence juga akan diintegrasikan ke sebagian besar aplikasi Apple. Dengan begitu, pengguna bisa memerintahkan AI generatif untuk menulis pesan di aplikasi Mail, atau memanfaatkan fitur Smart Replies untuk merespons pesan.

Praktik ini mirip seperti fitur yang ditawarkan Gmail setelah terintegrasi dengan AI generatif Gemini.

Berkat Apple Intelligence, pengguna juga bisa membuat emoji baru baru dengan fitur Genmoji. Apple juga menyediakan generator gambar Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar baru berdasarkan perintah yang dicantumkan dalam deskripsi.

Fitur lainnya yaitu Image Wand, yaitu fitur untuk Apple Pencil yang memungkinkan pengguna melingkari teks untuk membuat gambar. Fitur ini mirip seperti Circle to Search Google, tetapi difokuskan untuk gambar saja, bukan untuk melakukan penelusuran di mesin pencarian.

AI generatif ini mendukung perangkat dengan chip A17 Pro atau chip M-series mana pun. Dengan kata lain, iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max akan kebagian Apple Intelligence.

Sementara iPhone 15 yang ditenagai chip A16 bionic, belum mendapat fitur yang sama, kemungkinan karena keterbatasan dukungan dari chip yang dipakai ponsel tersebut, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (11/6/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com