Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Nama dengan Tanda Tangan Steve Jobs Terjual Rp 2,8 Miliar

Kompas.com - 24/03/2024, 19:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Pendiri Apple Steve Jobs menjadi tokoh inspiratif bagi sejumlah kalangan. Berbagai benda peninggalan Jobs juga sering kali menjadi rebutan banyak orang karena menjadi peninggalan yang berharga.

Yang terbaru yaitu kartu nama Steve Jobs yang ditandatangani langsung olehnya. Benda peninggalan Jobs ini dilelang dan terjual senilai 181.183 dollar AS (sekitar Rp 2,8 miliar).

Kartu nama itu ditaksir sudah ada sejak tahun 1983. Benda ini sekaligus menjadi salah satu dari enam item yang ditandatangani langsung oleh Jobs dalam lelang yang digelar oleh rumah lelang, RR Auction.

Menariknya, kartu nama ini menjadi benda yang paling laris dibanding benda dengan tanda tangan Jobs lainnya dalam lelang itu. RR Auction juga mengeklaim bahwa kartu nama itu adalah satu dari lima kartu nama resmi yang ditandatangani Jobs selama hidupnya.

"Penjualan kartu nama Apple yang ditandatangni Steve Jobs dengan harga lebih dari 180.000 dollar AS menetapkan standar baru untuk kartu nama bertandatangan. Ini adalah bukti warisan abadi Jobs dan dampak besar Apple terhadap dunia modern kita," kata Bobby Livingston, Executive Vice President RR Auction.

Baca juga: Kisah Kata One More Thing yang Sering Diucapkan Pendiri Apple Steve Jobs

Selain kartu nama itu, "warisan" abadi Jobs lainnya yang terjual dengan harga tinggi yaitu cek yang ditandatangani Jobs pada tahun 1976. Cek itu terjual 176.850 dollar AS (sekitar Rp 2,7 miliar).

Cek itu dinilai penting karena sudah ada sekitar dua minggu sebelum Apple resmi didirikan. Saat cek itu diterbitkan, Jobs menulis "Apple Computer" sebagai nama perusahaan, tepat di kiri atas cek tersebut.

Alamat yang tercantum yaitu "Apple Garage" di Palo Alto. Tempat itu juga dikenal sebagai tempat legendaris di mana Apple didirikan.

Selain benda yang ditandatangi, berbagai peninggalan Jobs tanpa tanda tangan dari tahun 1980-an juga terjual dalam lelang, dihimpun KompasTekno dari Gizmodo.

Tulisan tangan Jobs laku Rp 2,7 miliar

Tulisan tangan Steve Jobs di selembar kertas, berisi draft iklan komputer pertama Apple, Apple-I, pada September 2023 terjual di rumah lelang RR Auction dengan nilai fantastis.

Tulisan tangan pendiri Apple di selembar kertas itu terjual dengan harga 175.759 dollar AS atau setara Rp 2,7 miliar. Kertas tulisan tangan itu merupakan draft kasar iklan yang berisi spesifikasi mesin Apple-I.

“Apple Computer-I, menggunakan (mikroprosesor) 6800, 6501, 6502 (Direkomendasikan 6501 dan 6502 karena kami memiliki basis dasarnya),” demikian salah satu spesifikasi yang ditulis Steve Jobs.

Baca juga: Putri Steve Jobs Bicara iPhone 14, Dulu Mencaci Kini Memuji

Tulisan tangan Steve Jobs saat mengiklankan komputer pertama Apple, Apple-I Computer terjual seharga Rp 2 miliarRR Auction Tulisan tangan Steve Jobs saat mengiklankan komputer pertama Apple, Apple-I Computer terjual seharga Rp 2 miliar

Informasi lainnya yang dicantumkan adalah spesifikasi papan komputer yang dijual, mulai dari RAM, software yang dijalankan, dan sebagainya. Di bagian akhir draft iklan, Steve Jobs turut mencantumkan harga Apple-I senilai 75 dollar AS (Rp 1,14 jutaan).

“Papan (komputer) + manual saja, 75 dollar AS (Rp 1,1 jutaan), kesepakatan bersifat asli,” tulis Steve Jobs.

Setelah merinci spesifikasi dan harga komputer, Steve Jobs menandatangani draft tersebut dengan tulisan nama “steve jobs” dalam huruf kecil, dan mencantumkan alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Minggu (24/3/2024), alamat tersebut merupakan tempat tinggal orang tuanya, tempat di mana Apple pertama kali dimulai. Sebab, alamat 11161 dr., Los Altos, Ca 94022, merupakan kantor pusat pertama Perusahaan Komputer Apple.

Keaslian dari tulisan tangan tersebut sudah diverifikasi. Menurut penuturan seorang pakar Apple 1, Corey Cohen, spesifikasi komputer dari draft iklan tersebut sangat cocok dengan iklan asli Apple-I yang dicetak di Interface Magazine pada Juli 1976.

Iklan yang sudah dicetak menyertakan dua gambar foto polaroid dari mesin Apple-1 yang dipotret di The Byte Shop, Mountain View, California. Foto pertama merupakan papan komputer Apple-I yang dirakit dengan keyboard dan disertai dengan monitor.

Sementara itu, foto yang kedua merupakan layar komputer Apple-I yang menampilkan program Apple Basic. Pada foto layar, terdapat informasi tambahan dari Steve Jobs yang menggunakan pensil, “foto buram (blur) karena kamera bergoyang”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com