Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xperia Z4 Ditunggu, Rumor Z5 yang Muncul

Kompas.com - 17/04/2015, 14:54 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sony Xperia Z4 belum mulai dipasarkan, kini muncul rumor bahwa Sony sedang mempersiapkan trio Xperia Z lanjutan Z4. Ketiganya adalah Xperia Z5, Z5 Ultra, dan Z5 Compact.

Bocoran tersebut muncul pertama kali di situs AndroidOrigin, kemudian dihimpun KompasTekno, Jumat (17/4/2015). Situs tersebut mengklaim sumber dalam Sony secara eksklusif akan membeberkan ihwal perilisan trio Z5 pada kuartal IV tahun ini.

Lalu, bagaimana dengan Z4? Hingga sekarang, isu beredar bahwa Z4 bakal masuk pasaran pada kuartal II atau III tahun ini. Sebelumnya, pada Maret lalu, Z4 telah diperkenalkan di pagelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona.

Seperti sebelum-sebelumnya, Sony selalu konsisten meluncurkan produk teranyar tiap enam bulan sekali. Disinyalir, pelirisan resmi Z4 bakal jatuh pada akhir April ini.

Lalu, apa yang ditawarkan trio Z5? Menurut sumber dalam, Z5 dan Z5 Ultra bakal mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 820. Namun, Qualcomm telah mengumumkan bulan lalu bahwa 820 bakal terlambat dibuat tahun ini.

Jika benar Snapdragon bakal molor, sumber dalam mengatakan perilisan trio Z5 juga bisa ditunda hingga awal Januari 2016.

Bocoran lainnya menyebut, Z5 Ultra bakal dilengkapi sensor sidik jari yang dibangun menggunakan teknologi generasi baru biometrik 3D buatan Qualcomm. Namun, fitur ini tak tersedia di Z5.

Untuk layarnya, Z5 dan Z5 ultra bakal menggunakan tampilan Quad HD dengan disertai sensor kamera yang baru. Untuk RAM-nya, kedua jenis tersebut bakal diberi kapasitas 4 GB. Bagi Z5 Compact, sumber tak memberi bocoran spesifikasi.

Yang paling menarik, walau tak mendetail, sumber dalam menyebut bahwa desain trio Z5 bakal benar-benar berbeda dari yang pernah ada. Kita lihat saja nanti!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com