Microsoft Bikin Surface Laptop "Pembunuh" MacBook Air - Kompas.com

Microsoft Bikin Surface Laptop "Pembunuh" MacBook Air

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 03/05/2017, 15:13 WIB
Microsoft Surface Laptop

KOMPAS.com - Microsoft meluncurkan perangkat Surface terbarunya, diberi nama Surface Laptop. Gadget penantang MacBook Air ini mengusung OS Windows 10 S dan dijual dengan banderol harga 999 dollar AS (sekitar Rp 13 juta).

Surface Laptop diklaim oleh Microsoft sebagai "pembunuh" MacBook Air, karena diklaim lebih tipis, ringan, dan performanya lebih kencang. Seperti apa spesifikasi laptop ini?

Surface Laptop adalah perangkat laptop dengan ukuran layar 13,5 inci yang mengusung kelebihan yang dimiliki Surface Pro 4, namun mengusung bentuk clamshell (lipat), alih-alih peranti 2-in-1 yang bisa dilepas pasang.

Layar Surface Laptop berukuran 13,5 inci mengusung teknologi layar sentuh PixelSense dengan rasio 3:2.

Laptop ini juga memiliki ketebalan 14,5 mm dengan bobot 1,25 kg. Surface Laptop juga mengusung port USB-A, mini DisplayPort, soket headphone, dan konektor daya Microsoft yang memungkinkannya terhubung dengan aksesoris Surface.

"Ini menjadi layar sentuh LCD paling tipis yang pernah dipasang di laptop," ujar Kepala Microsoft Device, Panos Panay seperti dikutip KompasTekno dari the Verge, Rabu (3/5/2017). Layar Surface Laptop juga mendukung pena digital Surface Pen.

Panay juga mengklaim Surface Laptop lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan laptop MacBook Air atau MacBook Pro yang saat ini beredar di pasar.

Microsoft juga mengklaim Surface Laptop lebih kencang dari MacBook Pro yang mengusung prosesor Core i7. Surface Laptop mengusung prosesor Intel Core i5 dan i7 dalam Surface Laptop dan mengklaim baterainya bisa bertahan selama 14,5 jam.

Surface Laptop dijual mulai Rp 13 juta untuk versi Core i5 dengan RAM 4 GB dan penyimpanan SSD 128 GB. Laptop ini mulai dijual pada 15 Juni 2017 mendatang.

laptop ini mengusung sistem operasi Windows 10 S yang juga bau dikenalkan Microsoft. OS ini merupakan  OS yang dikunci Microsoft untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di Windows Store. Pengguna bisa meng-upgrade-nya ke Windows 10 pro.

Baca: Microsoft Sebut MacBook Air Mirip Topi Kucing

PenulisReska K. Nistanto
EditorReska K. Nistanto
SumberThe Verge,
Komentar
Close Ads X