Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Belanja Elevenia Bakal Dilepas Perusahaan Korea

Kompas.com - 23/08/2017, 18:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan asal Korea Selatan SK Planet, anak usaha SK Telecom yang bergerak di bisnis platform digital, telah memutuskan untuk keluar dari Indonesia dan melepas sahamnya di Elevenia.

Pelepasan saham ini merupakan bagian dari keputusan SK Planet untuk mengurangi operasionalnya di luar Korea Selatan. Indonesia merupakan negara pertama yang bakal mereka tinggalkan.

Elevenia merupakan situs e-commerce yang didirikan pada 2014 melalui kerja sama SK Planet dengan XL Axiata. Masing-masing perusahaan memegang 50 persen saham.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PulseNews, Rabu (23/8/2017), keputusan SK Planet diambil demi memangkas unit bisnis yang cenderung tidak menghasilkan keuntungan dan beralih fokus pada pengembangan bisnis lokal.

Setelah meninggalkan Indonesia, SK Planet kemungkinan akan angkat kaki dari Malaysia, Thailand atau Turki.

Saat ini SK Planet dikabarkan tengah menawarkan 50 persen saham yang dimilikinya kepada konglomerasi ritel Salim Group.

Salim Group sendiri beberapa bulan lalu baru saja mengumumkan kerja sama dengan Lotte Group, yang juga berasal dari Korea Selatan. Kedua grup ini bekerja sama untuk mengembangkan bisnis e-commerce di Indonesia.

Sejak pendiriannya, popularitas Elevenia cukup meroket. Pasalnya situs jual beli online ini merupakan yang pertama menawarkan layanan pelanggan 24 jam.

Elevenia juga dikenal sebagai mall online dengan volume transaksi yang sangat besar. Sayangnya, meski demikian, marketplace ini belum menghasilkan pendapatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com