Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Xiaomi Mi A1 Dijual Rp 3,1 Juta di Indonesia

Kompas.com - 20/09/2017, 12:44 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (20/9/2017), Xiaomi Mi A1 resmi dirilis di Indonesia. Perangkat yang berjalan dengan Android One tersebut sudah lebih dulu diperkenalkan di New Delhi, India, pada awal bulan ini.

"Banyak sekali yang mengharapkan Mi A1 hadir di Indonesia dan bahkan ada tagar #BawaMiA1keIndonesia di media sosial. Maka sekarang kami bawa Mi A1 untuk Anda," kata Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung, di atas panggung peluncuran, Senayan City Hall, Jakarta.

Di Indonesia, Xiaomi Mi A1 dilepas dengan harga Rp 3,1 juta (RAM 4 GB + media peyimpanan internal 64 GB). Harga Xiaomi Mi A1 di Indonesia tidak jauh berbeda saat diperkenalkan di New Delhi, India, yakni 14.999 rupe India atau Rp 3,1 jutaan.

Harga Xiaomi Mi A1 ini sedikit lebih mahal dari Moto G5S Plus, smartphone kamera ganda yang baru dirilis juga oleh Lenovo. Perangkat Lenovo Moto itu dijual Rp 3 juta di pasaran Tanah Air.

Mi A1 tersedia dalam tiga varian warna, yakni black, gold, dan rose gold. Xiaomi Mi A1 bisa dipesan di layanan e-commerce Lazada mulai 2 Oktober mendatang. Penjualan dilakukan secara flash sale, uniknya perangkat langsung dikirim di hari penjualan tersebut.

Baca: Di Indonesia, Xiaomi Komentari Kamera Ganda Moto G5S Plus

Selain itu, Xiaomi Mi A1 juga dijual di Mi Store Indonesia dan gerai Erafone. Penjualan dilakukan mulai tanggal 6 Oktober.

Xiaomi Mi A1 mengusung kamera ganda alias dual-camera yang masing-masing lensanya berkualitas 12 megapiksel. Satu lensa untuk kemampuan wide-angle (lanskap), dan satunya lagi untuk telephoto (portrait).

Fitur stereoscopic imaging dan algoritma berbasis deep learning pada kamera Mi A1 mampu menghasilkan efek bokeh lebih dalam ketika mengambil foto portrait. Selain itu, optical zoom juga dimungkinkan hingga 2 kali dan digital zoom sampai 10 kali.

Berkat kemampuan kameranya, Xiaomi tak ragu menyebut Mi A1 sebagai perangkat “flagship”. Kendati begitu, harga yang dipatok sang pabrikan China terhitung murah.

Tak cuma dari kamera belakang, kamera depan Mi A1 juga diklaim mumpuni untuk menjepret foto mandiri dengan kemampuan Beautify 3.0. Ada 100 titik algoritma yang bisa mengidentifikasi dan mengoreksi warna terbaik pada wajah.

Perangkat Xiaomi pertama pakai Android One

Mi A1 merupakan perangkat pertama Xiaomi yang menjalankan sistem operasi murni Android One. Tak ada lagi antarmuka MIUI yang biasanya dipasang pada lini Xiaomi.

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Mi A1 adalah buatan Xiaomi dan dipersenjatai Google," ujar Donovan Sung.

Head of Consumer Marketing Google for Southeast Asia, Pete Nuchanatanon, mengatakan bahwa Mi A1 bakal jadi salah satu smartphone pertama yang menerima pembaruan sistem operasi Android P keluaran 2018 mendatang.

"Kami sangat senang bermitra dengan Xiaomi untuk menghadirkan perangkat Android One Mi A1. Ponsel ini punya spesifikasi yang baik dengan performa unggul, terlebih pakai Android murni," kata dia pada kesempatan yang sama.

Xiaomi Mi A1 memiliki layar FHD 5,5 inci dengan perlindungan Gorilla Glass. Desain lengkungan di sisi belakang menyesuaikan dengan bentuk tangan ketika menggenggam ponsel.

Spesifikasi lain dari Mi A1 antara lain memakai prosesor octa-core Snapdragon 625, RAM 4 GB, memori 64 GB, baterai 3.080 mAh, dan kualitas audio 10V smart power amplifier dengan kalibrasi DHS.

Baca: Membandingkan Spesifikasi Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com