Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2018, 10:04 WIB
Rizky Chandra Septania,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tenggat waktu registrasi SIM prabayar tinggal menghitung hari. Tanggal 28 Februari 2018 mendatang merupakan hari terakhir pengguna kartu prabayar mendaftarkan nomornya.

Bagi pelanggan prabayar Smartfren yang belum registrasi hingga saat ini, diimbau untuk segera melakukannya, agar nomor tidak terblokir. Registrasi sebelum tenggat waktu juga membantu pengguna terhindar dari error sistem akibat penumpukan informasi.

Sebelum melakukan registrasi, pengguna harus menyiapkan kartu keluarga (KK) dan KTP. Sebab kedua identitas tersebut akan diminta sebagai elemen penting dalam proses registrasi.

Bagi pengguna Smartfren, registrasi kartu prabayar bisa dilakukan lewat sejumlah opsi. Antara lain mengirim pesan lewat SMS, mendaftar melalui situs dan aplikasi yang tersedia, atau datang langsung ke gerai Smartfren terdekat.

Baca juga: Ciri-ciri Kartu SIM Prabayar yang Sudah Berhasil Registrasi

Untuk registrasi kartu prabayar Smartfren melalui SMS, pelanggan dapat melakukannya dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format: 16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Sedangkan registrasi via situs bisa dilakukan lewat tautan berikut ini. Untuk registrasi via aplikasi, pengguna bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.

Pengguna juga bisa melakukan registrasi langsung ke gerai Smartfren. Caranya tinggal datang ke gerai terdekat dengan membawa KTP dan KK untuk diserahkan ke petugas. Di sana, petugas akan langsung membantu proses registrasi kartu prabayar pelanggan.

Jika sudah selesai melakukan registrasi, Anda dapat melakukan pengecekan melalui tautan berikut ini.

Caranya, masukkan nomor NIK dan Nomor Prabayar yang sudah didaftarkan. Jangan lupa mengisi jawaban kode verifikasi. Setelah semua terisi, klik tombol cek status. Seketika, sistem akan menampilkan status terkini dari kartu SIM prabayar.

Meski sedikit merepotkan, registrasi SIM prabayar sejatinya memiliki tujuan baik. Seperti memberikan perlindungan terhadap konsumen terkait penyalahgunaan nomor ponsel oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab seperti upaya penipuan dan hoaks.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com