Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG G7 ThinQ Meluncur, Berponi dan Usung Fitur AI

Kompas.com - 03/05/2018, 08:07 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Meski hadir belakangan dibanding perangkat serupa dari pabrikan lain, pekan ini LG akhirnya memperkenalkan perangkat smartphone flagship untuk tahun 2018, G7 ThinQ.

Mengusung branding ThinQ, smartphone ini mengusung fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam paket AI Pack 2.0, termasuk Voice AI yang mampu mengenali perintah suara dan AI Cam yang bisa mengoptimalkan hasil jepretan kamera dan mengenali aneka obyek.

Sesuai bocoran-bocoran yang beredar sebelumnya, G7 ThinQ tampil dengan “poni” alias notch di bagian atas layar perangkat. Poni ini menjorok ke dalam layar, serta memuat kamera depan dan speaker telepon seperti iPhone X.

Layar G7 ThinQ berbingkai tipis dan berukuran 6,1 inci dengan resolusi 3.120 x 1.440 piksel (aspect ratio 19,5: 9). Panelnya berjenis M+ LCD yang diklaim memiliki tingkat kontras dan kecerahan yang tinggi.

Di bodi G7 ThinQ juga tersemat sebuah tombol khusus untuk memanggil asisten digital. Alih-alih asisten digital besutan LG sendiri, tombol tersebut bakal memanggil Google Assistant apabila ditekan.

Baca juga: LG Perkenalkan Smartphone V30S ThinQ dengan Kecerdasan Buatan

G7 ThinQ pun sekaligus menjadi ponsel pertama dengan tombol fisik, khusus untuk menjalankan Google Assistant, fungsi tombol itu tidak bisa diganti (remap).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (3/5/2018), bodi G7 ThinQ berlapis kaca anti gores Gorilla Glass 5 di sisi depan dan belakang, dengan frame berbahan aluminium. Smartphone ini sudah anti air dan debu dengan sertifikat IP 68.

Spesifikasi hardware

Jeroan G7 ThinQ mencakup chip Snapdragon 845, kombinasi RAM 4 penyimpanan 64 GB atau RAM 6 GB penyimpanan 128 GB, baterai 3.000 mAh, kamera selfie 8 megapiksel (f/1.9), serta kamera belakang ganda, yang dua-duanya memiliki resolusi 16 megapiksel.

Salah satu kamera ganda ini memiliki sudut pandang lebar, 71 derajat dan dilengkapi OIS, lensa f/1.6, phase detection dan laser autofocus. Kamera kedua datang dengan lensa ultra wide selebar 107 derajat, bukaan f/1.9 tanpa OIS dan hanya fixed focus.

Sektor audio turut menjadi perhatian LG di G7 ThinQ dengan tetap dipertahankannya jack audio 3,5 mm yang tersambung ke 32-bit Hi-Fi Quad DAC. Speakernya menggunakan konfigurasi Boom Box dengan dukungan DTS-X. Ada juga sepasang mikrofon yang dijanjikan memiliki jangkauan 5 meter.

Ada beberapa opsi warna yang tersedia untuk G7 ThinQ, yakni New Platinum Grey, New Aurora Black, New Moroccan Blue, dan Raspberry Red. LG belum mengumumkan jadwal ketersediaan dan harga ponsel ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com