Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Perkenalkan G7 One, Smartphone Android One Pertamanya

Kompas.com - 29/08/2018, 10:29 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi


KOMPAS.com -
Pameran teknologi IFA 2018 baru akan dimulai di Berlin, Jerman, pada 31 Agustus mendatang. Namun, LG rupanya tak sabar menunggu dan pekan ini telah lebih dulu memperkenalkan dua smartphone baru yang akan dipamerkan di eksibisi tersebut.

Bernama G7 One dan G7 Fit, kedua ponsel anyar merupakan varian dari model flagship LG G7. Yang paling menarik mungkin adalah G7 One. Smartphone ini adalah ponsel Android One pertama dari LG.

Android One adalah program standarisasi software dan hardware dari Google. Ponsel Android One menggunakan OS Android versi polos dan dijamin bakal menerima update, patch sekuriti, dan perbaikan bug secara reguler, berikut dukungan dari pembuatnya hingga tiga tahun.

Dari luar, tampang LG G7 One dan LG G7 Fit terbilang mirip dengan flagship G7. Keduanya sama-sama memiliki layar 6,1 inci QHD+ (3.120 x 1.440 piksel, aspect ratio 19,5:9) dengan poni di bagian atas, berikut baterai berkapasitas 3.000 mAh.

G7 One

LG G7 OneLG LG G7 One
Perbedaan utama antara kedua ponsel terletak di segi jeroan. G7 One mengandalkan dapur pacu Snapdragon 835, dipadu RAM 4 GB, storage 32 GB, dukungan kartu memori microSD hingga 2 TB

Sistem operasinya adalah Android 8.1 Oreo yang kemungkinan akan segera diperbarui ke Android 9 Pie, mengingat G7 One adalah ponsel Android One.

Di punggung G7 One tersemat pemindai sidik jari, LED flash, berikut unit kamera 16 megapiksel dengan lensa wide-angke berbukaan f/1.6 dan sudut pandang selebar 71 derajat.

Kamera depannya memiliki resolusi 8 megapiksel dengan lensa f/1.9 bersudut pandang 80 derajat.

Fitur lain dari G7 One termasuk 4G VoLTE, Bluetooth 5.0, NFC, USB type-C, Quick Charge 3.0, dan jack audio 3,5mm.

Ada juga Quad DAC Hi-Fi 32 bit ala smartphone kelas atas LG yang dipadukan dengan Boombox speaker.

G7 Fit

LG G7 Fit.LG LG G7 Fit.
Sementara, G7 Fit menggunakan chip yang lebih lawas dibandingkan F7 One, yakni Snapdragon 821 keluaran 2016, dengan RAM 4 GB serta dua pilihan storage, 32 GB atau 64 GB.

Kapasitas kartu microSD yang didukung hingga 2 TB. G7 Fit turut menjalankan OS Android 8.1 Oreo.

Di punggung ponsel ini terdapat kamera 16 megapiksel dengan lensa f/2.2 bersudut pandang 76 derajat, berikut LED flash dan pemindai sidik jari berbentuk bundar.

Kamera depan memiliki resolusi 8 megapiksel dengan lensa f/1.9 bersudut pandang 80 derajat.

Fitur lain dari LG G7 Fit mencakupi 4G VoLTE, Bluetooth 5 LE, NFC, USB type-C, Quick Charge 3.0, dan Quad DAC Hi-Fi 32 bit.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360, Rabu (29/8/2018), baik G7 One maupun G7 Fit sama-sama memiliki kemampuan tahan air dan debu (waterproof, dustproof). Sayang, LG berlum mengumumkan harga kedua ponsel. Mungkin banderol mereka baru akan diungkap dalam ajang IFA 2018.

Baca juga: Apa Beda Proyek Ponsel Murah Android One dan Android Go?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com