Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wireless Air Charging Oppo Bisa Isi Baterai Ponsel Tanpa Harus Menempel

Kompas.com - 24/02/2021, 12:36 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2021 digunakan Oppo untuk memamerkan teknologi pengisian baterai bernama Wireless Air Charging di ponsel X 2021.

Ponsel konsepOppo yang memiliki layar gulung itu pun bisa diisi baterainya tanpa memakai kabel. Uniknya, berbeda dari teknologi nirkabel lain, Wireless Air Charging bisa melakukan pengisian tanpa harusmenempelkan atau meletakkan ponsel di permukaan charger.

Baca juga: Teknologi Cas Baterai Cepat VOOC Oppo Kini Bisa Dipakai Vendor Lain

Menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghantar daya, Oppo mengklaim ponsel tersebut masih bisa diisi dayanya meski  permukaan docking dan punggung ponsel berjarak hingga 10 cm. Daya pengisiannya adalah sebesar 7,5 watt.

"Mempersembahkan Wireless Air Charging - tanpa kabel, tanpa charging stand, hanya kebebasan untuk bergerak!" kicau Oppo dalam sebuah tweet berisi video demonstrasi dari teknologi dimaksud.

Oppo bukan satu-satunya pabrikan yang mengembangkan teknologi nirkabel yang mampu melakukan pengisian baterai secara wireless meski terpisah jarak. Sekitar Januari lalu, Xiaomi juga sempat memperkenalkan teknologi serupa yang dinamai "Mi Air Charge".

Teknologi tersebut disematkan dalam Mi Air Charger yang memiliki 114 buah antena untuk memancarkan gelombang daya ke perangkat secara nirkabel dalam bentuk "extremely narrow milimeter-wide wave beam".

Baca juga: Xiaomi Perkenalkan Mi Air Charge, Teknologi Pengisian Baterai lewat Udara

Gelombang ini lantas menembus udara untuk menghantarkan daya sebesar 5 watt ke perangkat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Rabu (24/2/2021).

Selain perangkat pengisi daya, smartphone yang bersangkutan juga harus dibekali dengan set antena khusus bernama "receiving antenna array" untuk menerima pancaran daya dan "beacon antenna" untuk memancarkan informasi posisi perangkat ke Mi Air Charger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com