Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Stiker Ramadhan yang Bisa Dipakai di Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Kompas.com - 13/04/2021, 19:02 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp kompak merilis koleksi stiker edisi khusus Ramadhan di Indonesia.

Deretan stiker ini sudah bisa didapatkan oleh pengguna Facebook Instagram, dan WhatsApp mulai hari ini, Selasa (13/4/2021).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian stiker ini hanya bersifat sementara. Artinya, stiker hanya dapat digunakan selama bulan Ramadhan saja.

Desain stiker dari ketiga platform pun berbeda-beda. Selengkapnya, begini tampilan mereka dan cara memakainy di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Stiker Ramadhan di Facebook

Stiker edisi Ramadhan di FacebookKOMPAS.com/ConneyStephanie Stiker edisi Ramadhan di Facebook

Facebook merilis dua stiker bertemakan Ramadhan. Stiker pertama menggambarkan Masjid berikut tulisan "Ramadan Mubarak" lalu stiker kedua berbentuk bulan berserta kalimat "Ramadan Kareem" yang bisa menjadi pelengkap dan pemanis unggahan Facebook Stories.

Baca juga: Bos Apple: Selamat Ramadhan, Semoga Aman dan Damai

Cara menggunanakannya pun gampang, pengguna cukup meng-klik opsi Create Story pada gambar profil, lalu pilih "Stickers", kemudian tentukkan stiker edisi Ramadhan apa yang akan dimasukkan ke dalam Story. Setelah itu klik tombol Share di pojok kanan bawah.

Stiker Ramadhan di Instagram

Stiker dan kurasi stories edisi Ramadhan di InstagramKOMPAS.com/ConneyStephanie Stiker dan kurasi stories edisi Ramadhan di Instagram

Selain Facebook, pengguna Instagram juga ikut kedatangan sejumlah stiker baru bertemakan Ramadhan. Dalam momen spesial kali ini, Instagram meluncurkan tiga stiker dengan desain dan warna yang berbeda.

Stiker pertama berbentuk makanan ringan dan minuman di dalamnya, kedua yaitu simbol bulan dan bintang, lalu yang terakhir ikon masjid yang dibalut dengan latar bulan dan bintang.

Demi memudahkan pengguna untuk melihat Stories akun teman yang menggunakan ketiga stiker tersebut, Instagram pun menampilkan sebuah Stories khusus bernama "Ramadan".

Stories tersebut berada bersebelahan dengan deretan Instagram Stories lainnya. Stories itu, berisi kumpulan konten dari pengguna lain yang memakai stiker "Ramadan" di dalamnya.

Baca juga: Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2021 untuk iOS dan Android

Dengan demikian, pengguna hanya dapat melihat Stories dengan stiker "Ramadan" yang berasal dari akun-akun yang diikuti.

Untuk menggunakan stiker "Ramadan" ini caranya sangat mudah. Pertama, buat foto atau video yang akan diunggah pada Stories. Kemudian, klik ikon stiker pada pojok kanan atas. Nantinya pengguna dapat menemukan stiker "Ramadan" di bagian paling atas.

Ini bukan pertama kalinya Instagram menampilkan kumpulan Stories dalam satu tema. Kurasi Stories ini mirip dengan yang dilakukan Instagram ketika merilis sebuah stiker khusus bertema "Stay Home" di Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com