Malware Joker Ditemukan di 10 Aplikasi AppGallery Huawei

Kompas.com - 13/04/2021, 14:08 WIB
Ilustrasi malware di Android. IstIlustrasi malware di Android.

KOMPAS.com - Malware Joker muncul lagi. Kali ini korbannya adalah 538.000 ponsel Huawei yang terinfeksi malware tersebut lewat 10 aplikasi yang beredar di AppGallery, toko aplikasi Huawei yang digadang sebagai pesaing Google Play Store.

Hal tersebut diungkapkan oleh tim keamanan dari perusahaan antivirus Doctor Web. Disebutkan bahwa ke-10 aplikasi itu benar-benar bisa bekerja sesuai fungsinya, mulai dari game hingga koleksi stiker, sehingga korban tidak curiga.

Namun, diam-diam aplikasi mendaftarkan korban ke layanan premium berlangganan dengan meminta izin akses notifikasi untuk mencegat SMS konfirmasi langganan. Korban bisa didaftarkan ke 5 layanan mobile premium sekaligus.

Baca juga: 17 Aplikasi Ini Terinfeksi Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Android Anda

"Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya mencari kode konfirmasi langganan di SMS, tapi juga meneruskan isi SMS yang masuk ke server kendali milk pelaku," tulis Doctor Web di laporannya. Akibatnya, selain dirugikan secara finansial, data korban juga berpotensi bocor.

Sebanyak 8 dari 10 aplikasi tersebut dibuat oleh pengembang yang sama, yaitu Shanxi Kuailaipai Network Technology Co., Ltd. Dua lainnya berasal dari developer berbeda. Berikut daftarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cyber Safe, Selasa (13/4/2021).

  • Super Keyboard - package com.nova.superkeyboard
  • Happy Colour - package  com.colour.syuhgbvcff
  • Fun Color - package com.funcolor.toucheffects
  • New 2021 Keyboard - package com.newyear.onekeyboard
  • Camera MX - Photo Video Camera - package com.sdkfj.uhbnji.dsfeff
  • BeautyPlus Camera - package com.beautyplus.excetwa.camera
  • Color RollingIcon - package com.hwcolor.jinbao.rollingicon
  • Funney Meme Emoji - package com.meme.rouijhhkl
  • Happy Tapping - package com.tap.tap.duedd
  • All-in-one Messenger - package com.messenger.sjdoifo

Doctor Web telah melaporkan temuannya ke Huawei, yang kemudian mengambil tindakan dengan menghapus aplikasi-aplikasi itu dari AppGallery. Meski demikian, pengguna yang sudah memasang harus menghapusnya dan membersihkan perangkat secara manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Awas Virus Joker, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini dari Ponsel Android Anda

Joker sendiri merupakan malware jenis trojan yang bisa digunakan untuk berbagai macam tugas sesuai dengan keinginan pelaku kejahatan, termasuk dalam kasus 10 aplikasi AppGallery kali ini.

Joker diketahui sudah beredar setidaknya sejak 2017 dan beberapa kali ditemukan menjangkiti aplikasi di toko resmi Android, Google Play Store.



Sumber Cyber Safe
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.