Spotify Bikin Kumpulan Playlist dan Podcast Khusus Ramadhan

Kompas.com - 13/04/2021, 13:10 WIB
Spotify Hub Ramadan Kompas.com/Wahyunanda KusumaSpotify Hub Ramadan

KOMPAS.com - Menyambut Ramadan tahun ini, Spotify membuat sebuah "hub" spesial. Hub edisi Ramadhan tersebut berisi kumpulan playlist dan podcast yang dikurasi untuk menemani penggunanya menjalankan ibadah puasa.

Hub khusu Ramadhan ini sudah mulai bisa diakses sejak 12 April. Pengguna bisa menemukan hub tersebut lewat penelusuran kata kunci "Ramadan" di Spotify. Pengguna juga bisa menuju hub Ramadan dengan mengetuk tautan berikut.

Adapun konten yang dihadirkan mencakup playlist lokal dan internasional, termasuk konten religi dan sajian hiburan ringan.

"Dengan Ramadan sebagai salah satu momen terpenting bagi pendengar kami di Indonesia, kami ingin menciptakan pengalaman audio untuk mendukung momen refleksi diri dan silaturahmi dengan keluarga serta kerabat bagi para pendengar kami selama bulan suci ini," kata Gautam Talwar, Managing Director, Spotify Asiap Pasific dalam keterangan resmi kepada KompasTekno, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Spotify Kini Bisa Dikendalikan Lewat Suara

Pengguna Spotify Indonesia bisa mendengar konten podcast ternama seperti Podkesmas, RAPOT, Makna Talks, BKR Brothers, Kinosgina, dan Podcast DariTadi.

Ada pula podcast lainnya seperti GJLS, Podcast Ancur, dan Podcastery Jurnalrisa yang menjadi anggota baru podcast eksklusif Spotify.

Selain itu, Hub Ramadan juga menampilkan playlist Ramadan yang memuat kombinasi musik dan podcast bertajuk "Refleksi Diri".

Spotify juga memperkenalkan sejumlah fitur baru untuk memudahkan pengguna menemukan konten audio dan menghadirkan personalisasi konten yang lebih bagi setiap pengguna.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Spotify yang Wajib Diketahui

Fitur baru yang dimaksud ada di Home Hub atau tampilan awal Spotify yang baru, salah satunya adalah fitur "travel back in tim"e, di mana pengguna bisa menemukan kembali konten audio lama di "Recently played".

Fitur lainnya adalah Spotify mixes, yakni playlist baru yang dikalim lebih dipersonalisasi untuk pengguna. Kemudian, pengguna juga dijanjikan bisa lebih mudah melakukan navigasi di desktop dan web.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X