Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Smartphone Xiaomi Menggunakan HarmonyOS Buatan Huawei

Kompas.com - 14/05/2021, 14:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak masuk daftar hitam (entity list) oleh pemerintah Amerika Serikat, Huawei mulai mengembangkan sistem operasi HarmonyOS karena dilarang menggunakan Android atau produk buatan perusahaan Amerika lainnya.

Sistem operasi mobile tersebut digadang akan menyaingi ekosistem Android buatan Google. Namun, pihak Huawei sempat membantah isu tersebut.

HarmonyOS sendiri masih berbasis Android Open Source (AOSP) yang memungkinkan perangkat tetap bisa menjalankan aplikasi Google maupun Android.

Karena masih berbasis Android, HarmonyOS memungkinkan untuk diinstal di perangkat ketiga, brand smartphone lain, atau bukan buatan Huawei.

Salah satu video seolah-olah membuktikan peluang tersebut. Video yang diunggah oleh kanal YouTube "ATNARR Tech" menampilkan instalasi HarmonyOS 2.0 di smartphone Xiaomi dengan antarmuka MIUI.

Tangkapan layar video yang menampilkan layar dengan logo Mi dan keterangan dukungan HarmonyOS di smartphone Xiaomi.YouTube/ATNARR Tech Tangkapan layar video yang menampilkan layar dengan logo Mi dan keterangan dukungan HarmonyOS di smartphone Xiaomi.

Namun, video berdurasi 52 detik itu hanya memperlihatkan tampilan layar ketika smartphone mulai diaktifkan.

Dalam video tersebut, tambak logo "Mi" muncul di awal mengaktifkan ponsel, di mana sisi bawah layar bertuliskan "Powered by HarmonyOS" (didukung HarmonyOS).

Beberapa saat kemudian muncul logo "MIUI" di layar ponsel. Video tersebut tidak menunjukkan lebih lanjut bagaimana operasional piranti lunak itu di smartphone Xiaomi.

Video singkat itu tidak cukup membuktikan apakah HarmonyOS memang benar-benar bisa berjalan di perangkat non-Huawei atau tidak.

Bisa jadi, tampilan layar aktivasi itu hanyalah animasi yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu. Namun juga tidak menutup kemungkinan peluang HarmonyOS bisa berjalan di perangkat non-Huawei dengan mulus terwujud ke depannya.

Baca juga: Sikap Terbaru Presiden Biden, Kabar Buruk untuk Huawei

Dirangkum KompasTekno dari GizChina, Kamis (13/5/2021), Huawei akan memulai putaran kedua pengembangan HarmonyOS 2.0 versi beta. Akan ada tujuh perangkat yang kabarnya akan menjalankan HarmonyOS 2.0.

Ketujuh perangkat tersebut adalah Huawei Nova 6, Nova 6 5G, Nova 7 5G, Nova 7 Pro 5G, Nova 8, Nova 8 Pro, dan Huawei MatePad 10.

Pengguna ponsel-ponsel tersebut bisa mendaftarkan diri untuk mengajukan instalasi HarmonyOS 2.0 di perangkat mereka hingga 17 Mei mendatang.

Huawei pun mengumumkan bahwa slot uji coba ini terbatas. HarmonyOS 2.0 versi beta akan dibekali beberapa fitur seperti distribusi framework aplikasi, kontrol distribusi UI, kartu layanan, DevEco Studio 2.0 Beta4, dan dukungan pengembangan untuk produk mobil, perangkat mobile, perangkat dengan layar lebar, dan wearable device.

Baca juga: Begini Tampilan HarmonyOS 2.0, Pengganti Android di Ponsel Huawei

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com