Produk Pertama Xiaomi Ternyata Bukan Ponsel

Kompas.com - 13/05/2021, 16:36 WIB
Xiaomi Mi 11X Series GSM ArenaXiaomi Mi 11X Series

KOMPAS.com - Xiaomi sekarang telah menjadi salah satu vendor smartphone top dunia, setelah Samsung dan iPhone.

Sejak didirikan, Xiaomi tak hanya menelurkan berbagai macam model smartphone, namun juga turut merilis berbagai macam produk. Mulai dari laptop, TV, penanak nasi, air purifier, dan sebagainya.

Namun tahukan kalian? Kendati sukses menjadi vendor smartphone top dunia, faktanya ponsel bukanlah produk pertama yang dirilis oleh Xiaomi.

Lantas apa produk pertama Xiaomi?

Usut punya usut, ternyata produk pertama yang dirilis oleh Xiaomi justru sistem antarmuka (UI) khas Xiaomi yang hingga saat ini masih ditemukan di ponsel-ponsel keluaran Xiaomi, yaitu MIUI.

Baca juga: Tiga Hal yang Tidak Berubah dari Xiaomi Setelah 10 Tahun

Xiaomi didirikan oleh Lei Jun dan kawan-kawan pada April 2010 silam. Tak berselang lama, tepatnya pada Agustus 2010, Xiaomi untuk pertama kalinya merilis produk pertamanya, MIUI sebagai firmware berbasis Android 2.2 Froyo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika MIUI dirilis, Xiaomi masih belum memiliki memproduksi ponselnya sendiri. Oleh karenanya, versi awal MIUI justru dirancang untuk perangkat seperti Google Nexus One, Nexus S, HTC Desire, Motorola Droid, Motorola Milestone, dan HTC HD2.

MIUI versi awal disebutkan banyak terinspirasi dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple, iOS.

Baca juga: Pidato Ulang Tahun, Pendiri Xiaomi Sebut Nama Karyawati Pabrik di Batam

Fitur menonjol di MIUI versi awal

Redmi Note 10 Pro menjalankan sistem operasi Android 11 dan sudah dilapisi antarmuka MIUI 12.KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTO Redmi Note 10 Pro menjalankan sistem operasi Android 11 dan sudah dilapisi antarmuka MIUI 12.

Ketika dirilis pertama kali, MIUI membawa beberapa menonjol pada masanya, di antaranya adanya dukungan tema untuk ponsel serta kemampuan untuk menghapus aplikasi hanya dengan menyeretnya ke atas layar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.