Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Xiaomi 12: Kesan Pertama Menggenggam Flagship Rp 9 Jutaan

Kompas.com - 08/04/2022, 09:31 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi resmi merilis smartphone flagship terbarunya, yakni Xiaomi 12 ke Indonesia. Ponsel ini merupakan penerus Mi 11, namun hadir dengan nama berbeda setelah Xiaomi "memensiunkan" seri "Mi".

Di Indonesia, Xiaomi 12 dijual dengan harga Rp 9.999.000 untuk varian RAM 8GB/ 256 GB.  KompasTekno berkesempatan membuka kotak kemasan (unboxing) Xiaomi 12 dan melihat apa saja kelengkapan dan aksesori yang ada di dalamnya.

Unboxing Xiaomi 12: kotak hitam yang elegan

Sekilas, kotak kemasan Xiaomi 12 tampak elegan dengan warna hitam. Pada bagian depannya, terdapat tampilan punggung perangkat tersebut yang dibubuhi tulisan "Xiaomi 12" di bagian bawahnya. 

Baca juga: Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Ketika kotak penjualan ponsel tersebut dibuka, kami langsung disambut dengan "surat cinta" dari Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse.

Surat tersebut berisi ucapan terima kasih dan selamat datang dari Alvin kepada pengguna yang telah memilih produk Xiaomi. Ucapan ini selalu ada di dalam kotak kemasan smartphone Xiaomi dan menjadi ciri khasnya.

Setelah disambut dengan surat itu, barulah kami menemukan unit Xiaomi 12 yang berada di bawah kompartemen berwarna hitam yang bertuliskan "Xiaomi".

Adapun isi kelengkapan dari kotak ini mencakup kartu garansi, buku panduan, softcase jelly, dan SIM ejector.

Kemudian di bawah kompartemen unit smartphone, terdapat pula "kepala" atau adapter charger yang memiliki arus daya maksimal 67 watt, serta kabel data berjenis USB tipe-C ke USB tipe-A.

Baca juga: Xiaomi 12 Series Meluncur Global, Ini Harganya

Hands-on Xiaomi 12: kesan pertama

Setelah membuka kotak kemasan Xiaomi 12, kami langsung menyalakan ponsel tersebut dan menggenggam (hands-on) untuk pertama kalinya. 

Kesan pertama yang kami dapatkan adalah ponsel ini nyaman digenggam lantaran cukup compact dan pas di tangan.

Bisa dibilang compact lantaran ponsel ini memiliki dimensi 152,7 x 69,9 x 8,2 mm, jauh lebih tipis dibanding Xiaomi 11T dengan dimensi 164,1 x 76,9 x 8,8 mm.

Selain itu, ponsel ini juga cukup ringan dibawa-bawa karena memiliki bobot 179 gram, alih-alih 203 gram seperti Xiaomi 11T.

Kenyamanan menggenggam Xiaomi 12 juga dipengaruhi oleh layar ponsel tersebut yang kedua sisinya melengkung (curved).

Baca juga: Xiaomi 12 Meluncur di Indonesia 7 April, Ini Bocoran Spesifikasinya

Sisi atas layar dihiasi dengan lubang punch hole di bagian tengah sebagai rumah kamera selfie 32 MP. Bisa dibilang, layar Xiaomi 12 memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil.

Tampilan layar Xiaomi 12. Layar ponsel tersebut, yang dihiasi dengan lubang punch hole di bagian tengah atasnya sebagai rumahan kamera selfie 32 MP, juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Kompas.com/BILL CLINTEN Tampilan layar Xiaomi 12. Layar ponsel tersebut, yang dihiasi dengan lubang punch hole di bagian tengah atasnya sebagai rumahan kamera selfie 32 MP, juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil.

Di atas kertas, Xiaomi 12 memiliki panel AMOLED berukuran 6,28 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 480 Hz.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com