Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru WhatsApp Bisa Forward Foto/Video dengan Caption Teks

Kompas.com - 28/10/2022, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Kabar gembira bagi seluruh pengguna Whatsapp. Sebab, platform pesan instan itu tengah mempersiapkan fitur baru yang banyak dinanti-nanti oleh pengguna.

Fitur baru itu memungkinkan pengguna meneruskan (forward) pesan dalam format foto, video, GIF, hingga dokumen yang disertai dengan caption (teks keterangan).

Informasi terkait fitur baru ini diungkap oleh situs yang kerap membocorkan fitur-fitur terbaru WhatsApp, WABetaInfo, yang menulis bahwa fitur ini masih dalam proses uji coba untuk pengguna beta.

Artinya, fitur ini belum digelontorkan secara resmi dan hanya beberapa pengguna saja yang dapat mencoba kebaruan dari fitur tersebut.

Baca juga: Cara Kirim Foto WhatsApp Sekali Lihat Agar Tidak Bisa Di-screenshot

Dalam laporan yang sama, fitur meneruskan pesan foto disertai teks keterangan ini sudah mulai diuji coba ke WhatsApp Android versi 2.22.23.15.

Hasil tangkap layar fitur baru WhatsappWABetaInfo Hasil tangkap layar fitur baru Whatsapp

WABetaInfo, dalam hal ini, juga menyertakan hasil tangkapan layar (screenshot) dari kebaruan fitur tersebut. Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa ketika pengguna ingin meneruskan pesan berbentuk foto (misalnya), muncul kolom chat di bagian bawah layar.

Baca juga: WhatsApp Akan Tandai Pesan Berantai yang Sering Di-forward

Kolom tersebut memungkinkan pengguna menambah keterangan atau caption terlebih dahulu sebelum meneruskan pesan. Setelah keterangan selesai ditulis, pengguna tinggal mengirim pesan tersebut ke kontak yang ingin dituju.

Pesan tersebut akan terkirim seperti forward message pada umumnya. Penerima akan melihat keterangan “Forwarded” pada pesan tersebut, hanya saja pesan tersebut sudah memiliki keterangan di bawahnya.

Salah satu tim KompasTekno juga ada yang mendapat kesempatan untuk menjajal fitur baru ini. Pesan yang betuliskan “Forwarded” itu sudah muncul dengan keterangan tambahan di bawahnya.

Salah satu tim KompasTekno mendapat kesempatan untuk menjajal fitur baru Whatsapp, yaitu fitur yang dapat meneruskan pesan berupa gambar yang disertai dengan keterangan (caption) (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Salah satu tim KompasTekno mendapat kesempatan untuk menjajal fitur baru Whatsapp, yaitu fitur yang dapat meneruskan pesan berupa gambar yang disertai dengan keterangan (caption) (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Sebelumnya, apabila pengguna ingin meneruskan sebuah pesan (forward message) dalam bentuk gambar, video dan sebagainya, tidak dapat menyertakan keterangan. Pesan yang diteruskan hanya berupa gambar, video, dan dokumen saja tanpa ada keterangan apapun.

Kehadiran dari fitur ini bisa dikatakan mempermudah pengguna Whatsapp. Sebab, saat meneruskan pesan berbentuk gambar atau dokumen lainnya, pengguna tidak perlu lagi mengirimkan keterangan di gelembung chat (bubble chat) yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com