Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Tampang Xiaomi 13 Ultra, Punya Bezel Tipis dan Lingkaran Besar di Punggung

Kompas.com - 15/04/2023, 08:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Xiaomi dilaporkan akan meluncurkan smartphone kelas atas (flagship) terbarunya, Xiaomi 13 Ultra.

Setelah dipastikan bakal meluncur pada bulan April ini, bocoran tampang dari perangkat tersebut pun mencuat di internet. Keseluruhan desain Xiaomi 13 Ultra diumbar oleh salah satu pembuat render perangkat kenamaan, OnLeaks.

Dari bocoran tersebut, Xiaomi 13 Ultra tampak hadir dengan desain layar yang terbilang luas dan memiliki bezel (bingkai layar) yang sangat tipis di keempat sisinya.

Layar tersebut juga terlihat mengadopsi model melengkung (curved screen) di bagian kanan dan kirinya. Di bagian tengah atas, Xiaomi 13 Ultra disinyalir memiliki poni berjenis punch hole sebagai “rumah” dari kamera depan (selfie).

Baca juga: Xiaomi 13 Ultra Dipastikan Meluncur Bulan Ini, Pakai Kamera Leica

Desain yang cukup mencolok lainnya terdapat di punggung smartphone. Xiaomi 13 Ultra konon memiliki modul kamera berbentuk lingkaran yang cukup besar. Ukurannya hampir memenuhi setengah punggung perangkat

Bocoran tampang Xiaomi 13 Ultra dari sisi atas dan sampingOnLeaks Bocoran tampang Xiaomi 13 Ultra dari sisi atas dan samping
Modul tersebut terdiri dari empat sensor kamera dan ditemani oleh lampu kilat LED di bawah sensor.

Bahan material di punggung perangkat diduga kuat menggunakan bahan kulit alias leather, sebagaimana dikutip KompasTekno dari XDA Developers, Sabtu (15/4/2023).

Lalu, bodi bagian kanan terdapat dua tombol yang memiliki ukuran berbeda. Paling atas terdapat tombol yang lebih panjang dan diyakini sebagai tombol pengatur suara, sedangkan tombol kedua yang punya ukuran lebih kecil diduga adalah tombol daya.

Sementara itu, di bagian bawah, terdapat lubang charger yang menyerupai USB-C. Di sisi kanan dan kiri lubang charger terdapat lubang speaker dan kompartmen kecil yang sepertinya berfungsi untuk menampung kartu SIM.

Baca juga: Kamera 200 MP HP Xiaomi Terbaru Kalah dari Kamera 12 MP iPhone Lawas

Bocoran spesifikasi Xiaomi 13 Ultra

Selain soal desain, CEO Xiaomi Lei Jun sempat mengunggah twit di akun pribadinya dengan handles @leijun. Dalam postingannya, Jun menyebut bahwa Xiaomi 13 Ultra bakal dibekali spesifikasi kamera mumpuni yang dirancang oleh Leica.

Jun tidak merinci kemampuan lensa Summicron yang disematkan ke ponsel flagship-nya. Bila merujuk pada situs resmi Leica, Summicron adalah lensa spherical 50 mm yang diklaim dapat menghasilkan gambar dengan sudut pandang lebar dan kontras warna yang tajam.

Bocoran lain yang juga beredar di internet menyebut bahwa Xiaomi 13 Ultra mengadopsi layar AMOLED LTPO 6,7 inci, resolusi WQHD Plus, dan refresh rate 120 Hz. Kamera depannya sendiri beresolusi 32 MP.

Konon, konfigurasi kamera belakangnya adalah kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, dan dua kamera telefoto yang masing-masing beresolusi 50 MP.

Soal performa, Xiaomi 13 Ultra disinyalir ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang bakal dipadankan dengan RAM 16 GB dan ruang penyimpanan seluas 512 GB.

Baca juga: Bisnis Xiaomi Seret, Penjualan HP Anjlok

Perangkat ditopang baterai berkapasitas 4.900 mAh dan mendukung fast charging 90 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles antarmuka MIUI 14.

Dikarenakan spesifikasi di atas sifatnya masih bocoran, kemungkinan ada perubahan di masa mendatang. Xiaomi juga belum resmi meluncurkan perangkat ini ke publik. Kita nantikan saja peluncurannya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com