Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Buka Pre-order TV Neo QLED 8K di Indonesia, Ada Bonus Galaxy Z Fold 4

Kompas.com - 18/04/2023, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Electronics Indonesia memperkenalkan tiga televisi (TV) kelas atas terbarunya, yakni Samsung Neo QLED 8K, Neo QLED 4K, dan Samsung OLED pada Senin (17/4/2023).

Samsung pun membuka keran pre-order untuk ketiga produk televisi ini. Pre-order dimulai pada 17 April hingga 23 April mendatang. Dalam periode pemesanan ini, Samsung menggelar promo khusus, salah satunya adalah bonus langsung ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold4.

Dari tiga produk yang diperkenalkan, Samsung Neo QLED 8K menjadi model tertinggi karena dibekali spesifikasi paling mumpuni ketimbang dua TV yang lainnya.

“Samsung Neo QLED 8K, televisi premium dengan kesempurnaan gambar yang ditampilkan pada layar resolusi 8K dan didukung Neural Quantum Processor 8K yang canggih,” ujar TV/AV Business Head, Samsung Electronics Indonesia, Kung Peng Liu, dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Indahnya Musim Semi di Korea dalam Bidikan Samsung Galaxy A54 5G

Samsung meluncurkan tiga TV kelas premium terbarunya, yakni Samsung Neo QLED 8K, Neo OLED 4K, dan Samsung OLED pada Senin (17/4/2023)Samsung Electronics Indonesia Samsung meluncurkan tiga TV kelas premium terbarunya, yakni Samsung Neo QLED 8K, Neo OLED 4K, dan Samsung OLED pada Senin (17/4/2023)
Teknologi Neural Quantum Processor 8K tersebut dibantu dengan teknologi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence).

Penggabungan teknologi tersebut diklaim dapat membuat resolusi video lama berubah menjadi 8K, memiliki detail lebih tajam, hingga bebas bintik warna (noise).

Samsung Neo QLED 8K juga mampu menampilkan 33 juta piksel di layar sehingga pengguna bisa memiliki pengalaman menonton yang lebih imersif.

Fitur lain yang turut dihadirkan untuk meningkatkan kualitas gambar adalah Quantum Matrix Technology Pro dengan HDR 14-bit. Teknologi tersebut dapat menghasilkan gambar lebih realistis, seperti butiran pasir, permukaan awan, tekstur taun, dan sebagainya.

Bicara soal audio, TV premium Samsung dibekali speaker multi-direction. Artinya, suara yang dikeluarkan tidak berasal dari sisi kanan dan kiri saja, tetapi bagian atas, bawah, hingga belakang layar TV.

Baca juga: Hands-on Samsung Galaxy M14 5G, Ponsel Menengah dengan Baterai 6.000 mAh

Speaker tersebut dibekali dengan Object Tracking Sound Pro sehingga diklaim menghasilkan suara berkualitas 3D surround sound yang dinamis, menyesuaikan pergerakan adegan dalam TV, dan dibekali teknologi Dolby Atmos.

Terakhir, fitur pendukung audio yang dimiliki adalah Samsung Soundbar yang punya fitur Q-Symphony 3.0. Fitur tersebut dapat memberikan suara berkualitas tinggi, layaknya sedang berada di konser musik.

Beralih ke bagian desain, Neo QLED 8K dirancang dengan layar Infinity Screen untuk mengurangi distraksi saat menonton. Bodi perangkat dirancang minimalis, tipis, dan datar. Perangkat juga menggunakan attachable slim one connect yang diklaim dapat bebas dari kabel kusut.

Bagi sejumlah pengguna yang memiliki kesulitan melihat atau penyandang low vision, Samsung memiliki fitur Relumino Mode untuk menegaskan elemen garis dari tiap adegan dengan warna yang lebih kontras dan jelas.

Samsung Neo QLED 4K dan Samsung OLED

Samsung Neo QLED 4K hadir dengan beberapa pilihan ukuran. Ukuran paling kecil adalah 43 inci yang diklaim cocok untuk bermain game, sedangkan ukuran terbesarnya 98 inci.

Samsung Neo QLED 4K dibekali beberapa fitur serupa dengan versi 8K sebelumnya. Salah satunya Quantum Matrix Technologi dengan 14-bit HDR Contras yang dipadankan dengan fitur lain bernama Quantum Mini LED.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com