Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Saat Eropa Lawan Dominasi Bisnis Iklan Google...| Elon Musk Ajak Gelut, Zuckerberg Minta Share Loc

Kompas.com - 23/06/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pengawas antimonopoli Uni Eropa telah mengirim surat ke perusahaan teknologi raksasa Google. Surat tersebut berisi pandangan Uni Eropa yanng menilai Google telah melanggar aturan antimonopoli di Benua Biru.

Kabar ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno. Selain itu, ada pula berita pengumuman harga konsol gaming handheld Asus pertama, ROG Ally di Indonesia. Konsol gaming yang mendukung perangkat Windows 11 itu dibanderol mulai Rp 10 jutaandi Tanah Air.

Berita teknologi populer lainnya adalah soal Elon Musk yang lagi-lagi berbuat ulah. Kali ini, bos Twitter itu menantang bos Meta, Mark Zuckerberg untuk duel.

Tantangan itu pun ditanggapi Zuck, panggilan akrab Zuckerberg dengan meminta lokasi duel.
Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Grab PHK Massal 1.000 Karyawan | Aplikasi Gojek Juga Punya Fitur Chat Mirip WhatsApp

Eropa minta Google jual bisnis iklan online

Selama ini, Google menjadi salah satu pemain besar yang mendominasi pasar iklan online global. Bahkan, bisnis iklan ini menjadi sumber utama pendapatan Google. Hal ini pun mendorong Uni Eropa mengawasi bisnis iklan Google.

Kini, pengawas antimonopoli Uni Eropa telah mengirim surat ke Google. Surat tersebut berisi pandangan Uni Eropa yang menilai Google telah melanggar aturan antimonopoli Uni Eropa dengan mendistorsi persaingan di industri teknologi periklanan (adtech).

Saat ini, Uni Eropa memang belum menjatuhi hukuman denda kepada Google. Namun, Uni Eropa telah menyampaikan keinginannya agar Alphabet (induk Google) menjual sebagian dari bisnis iklan online-nya.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Ketika Eropa Melawan Dominasi Bisnis Iklan Google..."

Laptop Acer Swift X 14 Resmi di Indonesia, pertama dengan GPU discrete

Acer Swift X 14 memiliki layar OLED 14,5 inci dengan resolusi 2,8K (2.880 X 1.800 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 500 nits, serta aspek rasio 16:10.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Acer Swift X 14 memiliki layar OLED 14,5 inci dengan resolusi 2,8K (2.880 X 1.800 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 500 nits, serta aspek rasio 16:10.

Produsen laptop asal Taiwan, Acer meluncurkan laptop tipis terbarunya, yaitu Acer Swift X 14 di Indonesia pada Rabu (21/6/2023). Laptop ini dirancang untuk kreator konten dengan mobilitas tinggi yang membutuhkan laptop tipis, ringan, dengan performa kencang.

Consumer Presales Manager Acer Indonesia, Taher Maulana mengungkapkan bahwa Acer Swift X 14 ini terbilang istimewa dibanding varian laptop Swift lainnya karena sudah membawa sejumlah teknologi terbaru, termasuk prosesor grafis discrete.

Ini pertama kalinya laptop Acer Swift X memiliki GPU (kartu grafis) discrete, prosesor grafis yang terpisah atau berdiri sendiri, dari prosesor utama di laptop. Adapun GPU yang diusung adalah Nvidia GeForce RTX 4050.

Spesifikasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Laptop Acer Swift X 14 Resmi di Indonesia, Seri Pertama dengan GPU Discrete".

Konsol game ROG Ally dijual mulai Rp 10 jutaan di Indonesia

Asus mengumumkan harga resmi konsol ROG Ally di Indonesia, Kamis (22/6/2023). Konsol portable dengan OS Windows 11 ini dibanderol dengan harga mulai Rp 10 jutaan.KOMPAS.com/Bill Clinten Asus mengumumkan harga resmi konsol ROG Ally di Indonesia, Kamis (22/6/2023). Konsol portable dengan OS Windows 11 ini dibanderol dengan harga mulai Rp 10 jutaan.

Asus akhirnya mengumumkan harga resmi konsol portabel (handheld) ROG Ally di Indonesia. Ada dua model ROG Ally yang dibawa Asus ke Indonesia, yaitu ROG Ally Z1 "reguler" dan ROG Ally Z1 Extreme.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com