Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mengatasi Windows Tidak Terhubung ke Printer

Kompas.com - 23/01/2023, 18:06 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Beragam error seringkali terjadi pada Windows. Salah satunya adalah Windows yang tidak dapat terhubung ke printer. Akibatnya Anda yang akan mencetak berbagai dokumen pun terhambat akan masalah ini.

Windows yang tidak terhubung ke printer umumnya akan muncul notifikasi “Windows cannot connect to the printer”. Beberapa penyebabnya antara lain bisa jadi karena masalah pada driver printer atau justru pengguna yang masih menggunakan Windows dengan versi lama. 

Apabila Anda mengalami hal serupa jangan terburu-buru membawanya ke service center. Cobalah untuk mengatasi error jenis ini dengan beberapa cara sederhana. Apa saja itu? Selengkapnya KompasTekno merangkum beberapa cara mengatasi “Windows cannot connect to the printer”.

Baca juga: Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Windows 10

Cobalah mengatasinya dengan menjalankan fitur troubleshooters di Windows

cara mengatasi windows tidak terhubung ke printerKompas.com/soffyaranti cara mengatasi windows tidak terhubung ke printer

Windows menyediakan fitur troubleshooters untuk mengatasi beragam error yang terjadi di Windows. Salah satunya Windows yang tidak terhubung ke printer. Berikut ini tutorialnya.

  • Buka “Settings/pengaturan” di Windows
  • Cari di kotak pencarian Windows “Troubleshoot”
  • Klik “Additional Troubleshooters”
  • Pilih “Printer
  • Kemudian klik “Run the troubleshooter”
  • Tunggu hingga “Run the troubleshooter” menemukan dan memperbaiki error yang terjadi Windows yang tidak terhubung ke printer

Mulai ulang print spooler service

cara mengatasi windows tidak dapat terhubung ke printerKompas.com/soffyaranti cara mengatasi windows tidak dapat terhubung ke printer

Fitur print spooler service berfungsi untuk menyimpan tugas Anda hingga printer siap untuk mencetaknya. Untuk mengatasi error Windows yang tak dapat terhubung ke printer Anda dapat mencoba mengatasinya dengan memulai ulang fitur ini. Caranya:

  • Tekan tombol shortcut Windows + R secara bersamaan
  • Ketikkan pada kolom “services.msc”
  • Cari fitur “Print Spooler” dan klik kanan pilih “Properties”
  • Klik “Stop”
  • Tunggu sekitar 10 menit dan kemudian aktifkan kembali dengan klik “Start”

Baca juga: 5 Cara Print Excel Tanpa Terpotong dan Tetap Rapi

Memperbarui driver printer Anda 

cara mengatasi windows tidak terhubung ke printerKompas.com/soffyaranti cara mengatasi windows tidak terhubung ke printer

Saat Anda menginstal printer di PC, Windows juga akan otomatis menginstal driver yang berguna untuk menghubungkan printer dengan perangkat Anda. Namun terkadang driver mengalami beragam error yang menyebabkan printer bermasalah.

Salah satunya “Windows cannot connect to the printer”. Untuk mengatasinya Anda dapat memperbarui driver printer Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.