Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia G42 Resmi, HP 5G yang Bisa Diperbaiki Sendiri di Rumah

Kompas.com - 29/06/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - HMD Global, pemegang lisensi smartphone Nokia meluncurkan smartphone terbaru dari keluarga G-series, yaitu Nokia G42.

Menurut perusahaan, Nokia G42 menjadi perangkat 5G pertama yang dapat diperbaiki secara mandiri oleh pengguna di rumah, bahkan hingga mengganti baterai dan layar yang rusak atau sudah mengalami penurunan kinerja.

Dengan kemampuan memperbaiki perangkat di rumah, umur perangkat diharapkan bisa bertahan lebih lama.

HMD Global menggandeng iFixit, komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan berbagai gadget.

iFixit nantinya akan memberi panduan, alat, serta komponen yang dibutuhkan untuk memperbaiki Nokia G42, sama seperti di Nokia G22 sebelumnya.

Baca juga: Samsung Izinkan Pengguna Ponsel Galaxy S Perbaiki HP-nya Sendiri

Perusahaan menjelaskan bahwa casing perangkat terbuat dari 65 persen bahan daur ulang. Nokia G42 juga diklaim memiliki ketahanan yang lebih tinggi karena telah melewati uji benturan yang 2x lebih banyak dan metode uji tekan yang baru.

Nokia G42HMD Global Nokia G42

Spesifikasi Nokia G42

Nokia G42 dibekali panel IPS LCD seluas 6.56 inci yang menawarkan resolusi HD Plus (1.612x720 piksel) dengan rasio 20:9. Layar perangkat mendukung 16,7 juta warna dengan tingkat kerapatan piksel 269 piksel dan tingkat kecerahan maksimal 500 nits.

Layar juga sudah dilapisi kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass 3,Nokia G42 dihiasi poni berbentuk V untuk menampung kamera beresolusi 8 MP atau 16 MP. Kemungkinan setiap wilayah akan memiliki versi yang berbeda-beda.

Baca juga: Dijegal Nokia, Realme Setop Jualan HP di Jerman

Sementara itu, di bagian punggung, kamera dilengkapi tiga sensor kamera yang masing-masing beresolusi 50 MP (f/1.8), kamera makro 2 MO, dan kamera depth sensor 2 MP. Ketiganya dilengkapi fitur fokus otomatis dan lampu kilat LED (LED flash).

Soal performa, Nokia G42 ditenagai oleh chipset Snapdragon 480 Plus 5G. Walau chipset tersebut tergolong kelas bawah, namun diklaim Nokia dapat menangani sejumlah tugas dengan mudah.

Ilustrasi layar dan punggung Nokia G42Giz China Ilustrasi layar dan punggung Nokia G42

Chipset dipadukan kombinasi RAM/penyimpanan RAM 4/128 GB atau 6/128 GB. Bila dirasa kurang, pengguna dapat mempeluas ruang storage dengan slot microSD yang tersedia.

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dijanjikan akan mendapat pembaruan sistem operasi selama dua tahun, dan peningkatan keamanan setiap bulan selama tiga tahun.

Nokia G42 ditopang baterai berkapasitas 5.000mAH dan mendukung pengisian fast charging 18 watt. Daya baterai Nokia G42 sendiri diklaim dapat bertahan selama tiga hari.

Ponsel ini mendukung konektivitas 5G, 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax-ready, Bluetooth 5.1, NFC, dan GPS.

Harga Nokia G42 5G

Harga perangkat dijual seharga 249 euro (varian 6/128GB) atau sekitar Rp 4,07 jutaan (kurs Rp 16.350). Belum diketahui apakah perangkat ini bakal tersedia di luar pasar Eropa atau tidak.

Perangkat menawarkan dua varian warna, yaitu So Grey dan So Purple, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Giz China, Kamis (29/6/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com