Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Baru, Pilih Stiker WA Bakal Lebih Cepat

Kompas.com - 09/07/2023, 08:08 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang bakal mempermudah pengguna memilih stiker lucu nan menarik.

Fitur itu adalah rekomendasi stiker yang muncul ketika pengguna memasukkan emoji ke kolom chat, sebelum chat dikirim.

Sejauh ini, pengguna harus membuka galeri stiker jika ingin mengirim stiker di dalam chat. Terkadang proses ini membutuhkan waktu lama, dibanding memilih emoji.

Selain itu, stiker juga harus diunduh terlebih dahulu oleh pengguna, berbeda dengan emoji yang siap pakai dalam aplikasi. Belum lagi berbagai variasi stiker semakin membuat proses pencarian stiker yang sesuai jadi lebih lama lagi.

Nah, dengan fitur rekomendasi, praktik pemilihan dan pemakaian stiker WhatsApp bakal jadi lebih mudah. Jadi, ketika pengguna memasukkan emoji tertawa misalnya, WhatsApp akan memberikan rekomendasi stiker tertawa.

Baca juga: Kenapa Telepon WhatsApp Menghubungkan Ulang padahal Jaringan Bagus?

Contohnya seperti tangkapan gambar (screenshot) yang dibagikan situs yang kerap membocorkan fitur WhatsApp, WABetaInfo. Dalam gambar itu, WABetaInfo memasukkan emoji muntah ke kolom chat.

WhatsApp mengembangkan fitur baru yang bakal merekomendasikan stiker sesuai emoji yang dipilihWABetaInfo WhatsApp mengembangkan fitur baru yang bakal merekomendasikan stiker sesuai emoji yang dipilih

WhatsApp kemudian memberikan rekomendasi stiker senada, yaitu stiker muntah.

Stiker yang direkomendasikan WhatsApp, muncul tepat di atas kolom chat, jadi bisa dilihat atau dipertimbangkan terlebih dahulu oleh pengguna sebelum mengklik atau mengirimkannya ke lawan obrolan.

Namun saat ini fitur rekomendasi stiker masih terbatas bagi sejumlah pengguna. Fitur itu baru tersedia di WhatsApp beta Android versi 2.23.14.16.

Menurut WABetaInfo, fitur itu tidak hanya berlaku untuk stiker bawaan WhatsApp, tetapi untuk stiker pihak ketiga juga.

Namun, ada kemungkinan pengguna perlu mengaktifkan dukungan fitur rekomendasi bila ingin aneka stikernya muncul dalam daftar rekomendasi.

Mekanisme terkait hal itu sendiri belum dijelaskan dan mungkin baru terungkap setelah fitur rekomendasi stiker dirilis resmi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfor, Minggu (9/7/2023).

Baca juga: 5 Tips dari Pakar untuk Menghindari Penipuan Kerja Freelance di WhatsApp

Fitur stiker sendiri dirilis WhatsApp pada tahun 2018. Saat itu, pihak WhatsApp juga mengizinkan sejumlah desainer stiker pihak ketiga untuk mengimpor stikernya ke aplikasi WhatsApp. Mereka diizinkan dengan syarat membuat stikernya selaras dengan emoji yang ada di WhatsApp.

Nah, fitur rekomendasi stiker yang sedang diuji coba kali ini, kabarnya memanfaatkan syarat tersebut, sehingga bisa memudahkan pengguna ketika mencari stiker yang sesuai kebutuhan.

Ke depannya fitur rekomendasi stiker ini bakal diperluas ke pengguna beta lainnya termasuk pengguna WhatsApp beta versi iOS. Sayangnya jadwal rilis versi stabil dari fitur rekomendasi stiker belum diketahui. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com