Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira, Situs Review Kamera "DPReview" Tak Jadi Tutup

Kompas.com - 24/06/2023, 11:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber DPReview

KOMPAS.com - Situs Digital Photography Review (DPReview), dpreview.com, hidup lagi. Hal ini terjadi setelah DPReview diakuisisi oleh Gear Patrol pada 20 Juni 2023.

"Kami sangat senang berbagi kabar bahwa Gear Patrol telah mengakuisisi DPReview," tulis Scott Everett selaku General Manager DPReview.com di situs resmi.

Gear Patrol adalah penerbit yang berfokus pada beragam ulasan produk dan panduan pembelian. Sayangnya, tidak disebutkan berapa nominal akuisisi Gear Patrol terhadap situs DPReview ini.

Awalnya, situs web yang menjadi salah satu rujukan penggemar fotografi ini dijadwalkan tutup pada 10 April 2023 lalu.

Baca juga: Situs Review Kamera DPReview Tutup Setelah 25 Tahun

Penutupan situs DPReview ini merupakan imbas dari gelombang PHK di perusahaan induknya, Amazon. Namun, kini, DPReview sudah resmi lepas dari Amazon, dan resmi dibeli oleh Gear Patrol.

Meski sudah diakuisisi oleh Gear Patro, Scott Everett mengungkapkan bahwa DPReview tidak akan mengubah arah fokus editorialnya. Situs DPReview bakal aktif seperti biasanya, termasuk kembali rutin menyajikan berita dan fitur fotografi, serta ulasan kamera.

Konten lawas situs DPReview saat masih berada di bawah naungan Amazon, juga dapat terus diakses oleh pengguna.

Di samping itu, untuk meminimalisir dampak dari akuisisi ini, pihak DPReview sudah mentransfer akun pengguna ke sistem Gear Patrol. Tujuannya, agar pengguna bisa langsung mengakses konten yang sama dari DPReview.

Baca juga: 9 Merek Ponsel Populer yang Sekarang Tinggal Nama

Digital Photography Review pertama kali didirikan pada 1998. Situs ini kemudian diakuisisi oleh Amazon pada Mei 2007.

Selama ini, DPReview menjadi salah satu situs favorit penggemar fotografi karena menyajikan beberapa ulasan kamera, lensa, dan peralatan terkait yang paling mendetail.

DPReview awalnya berbasis di London, Inggris. Namun, akhirnya memindahkan operasinya ke Seattle agar lebih dekat dengan perusahaan induknya, Amazon.

Sayangnya, Amazon memilih untuk mematikan situs DPReview per 10 April 2023. Tadinya, seluruh konten berita, ulasan, hingga fotografi yang diterbitkan selama kurang lebih 25 tahun terakhir akan dihapus.

Namun, situs DPReview diselamatkan oleh akuisisi Gear Patrol pada Juni 2023 ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs DPReview, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: 5 Merek Ponsel yang Tutup Selamanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com