Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata BM yang Sering Dipakai di Berbagai Media Sosial

Kompas.com - 18/06/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di media sosial tak terhitung lagi jumlahnya. Di antara sekian banyak bahasa gaul di media sosial, salah satunya yang bisa dibilang cukup sering dipakai pengguna adalah kata BM.

Di media sosial seperti Twitter, kata BM sering muncul dibarengi dengan menyebutkan kata benda atau kata kerja. Contoh penggunaan kata BM dengan konteks pemakaian seperti itu bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun dengan handle @mawhooo34.

Baca juga: Arti Tanda Titik Koma atau “Semicolon” yang Sering Dibagikan di Medsos, Jangan Remehkan

Pada twit tersebut, pengguna menuliskan kata BM yang disertai dengan kata kerja, yaitu “BM ngebakmie (makan bakmie)”.

Contoh lain penggunaan kata BM dengan dibarengi menyebutkan kata benda atau kata kerja bisa dilihat pula pada twit dari akun dengan handle @lifebysky_, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit di atas, pengguna menuliskan kata BM yang disertai kata benda makanan dalam klausa seperti ini “BM Pizza”.

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi di media sosial penggunaan kata BM yang disertai dengan menyebutkan kata benda atau kata kerja tertentu. Lantas, sebenarnya apa arti BM dalam bahasa gaul?

Bila sering menjumpai di media sosial dan penasaran dengan maksudnya, berikut adalah penjelasan mengenai arti BM.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Arti BM yang sering dipakai di media sosial

Istilah BM pada dasarnya merupakan kosakata dalam bahasa Indonesia, tetapi bukanlah kata tunggal. Arti BM merupakan akronim atau singkatan dari “banyak mau”. Istilah ini biasa dipakai pengguna untuk mengungkapkan keinginan yang sangat kuat atas sesuatu.

Dengan arti BM yang demikian, tak heran bila kata ini biasa dipakai dengan menyebutkan kata benda atau kata kerja, yang berarti pengguna sangat menginginkan sebuah benda atau aktivitas tertentu.

Jika pengguna mengatakan “BM Pizza” maka itu sama seperti dia mengungkapkan sedang sangat menginginkan pizza. Bila dikatakan “BM makan mie” maka itu artinya sama seperti ingin sekali makan mie.

Selain memiliki arti “banyak mau”, kata BM di media sosial kadang juga bisa berarti “bad mood”. Dalam bahasa Inggris, sebagai singkatan dari “bad mood”, BM artinya adalah perasaan atau suasana hati yang kurang menyenangkan.

Beda dengan BM yang berarti “banyak mau”, BM yang merupakan singkatan dari “bad mood” biasanya dipakai dengan menyebutkan suasana hati atas peristiwa atau kejadian yang sedang menimpa pengguna.

Baca juga: Saat Marc Marquez Tanya Arti Bucin ke Warganet Indonesia…

Demikianlah penjelasan arti BM yang sering dipakai di media sosial untuk mengungkapkan keinginan yang kuat atas sesuatu, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com