Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancang iPhone Bikin Pemutar Piringan Hitam, Harganya Rp 900 Juta

Kompas.com - 11/07/2023, 09:31 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jony Ive dikenal sebagai desainer yang merancang berbagai perangkat ikonik dari Apple, termasuk iPhone, iMac, iPad, hingga MacBook. Pada 2019 dia mundur untuk merintis firma desain miliknya sendiri yang bernama LoveFrom.

Belakangan, Ive diketahui merampungkan proyek desain hardware pertamanya setelah hengkang dari Apple. Produk pertamanya adalah sebuah turntable alias pemutar piringan hitam bernama Sondek LP12-50.

Perangkat edisi khusus yang dirancang oleh LoveFrom dan pabrikan audio Linn asal Inggris ini diproduksi secara terbatas untuk memperingati ulang tahun ke-50 dari seri pemutar piringan hitam LP12.

Baca juga: Jony Ive Sang Perancang iPhone Hengkang dari Apple

Pemutar piringan hitam ini dibanderol dengan harga mencapai 60.000 dollar AS atau sekitar Rp 911 juta.

Jumlah yang diproduksi terbatas, hanya akan ada 250 unit yang dibuat. Meski produknya berharga mahal, proyek rancangan Sondek LP12-50 dikerjakan oleh LoveFrom secara pro bono alias sukarela dan tanpa bayaran.

Dalam sebuah wawancara dengan FastCompany mengenai produk ini, Ive mengaku mengerjakan rancangannya karena memang suka.

"Sebagian pekerjaan kami dilakukan murni untuk keasyikan mengerjakannya," ujar Ive, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (11/7/2023).

Plakat di Sondek LP12-50 yang menandai bahwa perangkat ini merupakan edisi khusus dengan produksi terbatas
www.linn.co.uk Plakat di Sondek LP12-50 yang menandai bahwa perangkat ini merupakan edisi khusus dengan produksi terbatas

Ive sendiri merupakan penggemar Linn, yang antara lain dikenal lewat desain modular produknya yang bisa diganti-ganti dan di-upgrade seiring waktu. Dia pernah mengunjungi pabrik Linn sewaktu masih muda.

Tampilan eksterior Sondek LP12-50 edisi khusus tampak mirip dengan turntable LP12 edisi standar.

Baca juga: Kisah Jony Ive yang Takut Dipecat Apple

Namun Ive menambahkan beberapa sentuhan kecil seperti pojokan yang membulat untuk beberapa komponen, serta tombol daya diganti dari plastik menjadi alumium bundar. Sebuah engsel baru memungkinkan dust cover tetap terbuka berapapun lebar sudutnya.

LoveFrom sebenarnya sudah pernah mengerjakan sejumlah proyek desain. Tapi pemutar piringan hitam ini merupakan produk hardware pertama yang ditangani sesuai dengan keahlian Ive, yakni desain industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com