Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Instagram Keluar Sendiri Tiba-tiba atau “Force Closed”? Ini 6 Penyebabnya

Kompas.com - 23/07/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui beberapa kendala dasar yang umum dijumpai ketika mengoperasikan aplikasi media sosial Instagram. Salah satu kendala tersebut adalah Instagram keluar sendiri tiba-tiba atau force closed.

Kendala Instagram keluar sendiri bisa mengganggu pengguna. Sebab, saat kendala ini terjadi, halaman aplikasi Instagram yang dibuka pengguna bisa tiba-tiba tertutup sendiri dan kembali ke layar Home ponsel.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Status Aktif di DM Instagram biar Tidak Terlihat Online

Alhasil, pengguna tidak bisa memakai aplikasi Instagram karena ketika dibuka bakal menutup sendiri. Lantas, kenapa Instagram keluar sendiri? Instagram force close merupakan kendala yang umum dijumpai pengguna.

Oleh karena itu, pengguna perlu untuk mengetahui penyebab Instagram force close supaya nanti tak bingung untuk mengatasinya. Terdapat beberapa penyebab Instagram keluar sendiri. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Instagram Keluar Sendiri

1. Server Instagram down

Penyebab Instagram keluar sendiri yang utama dan umum dijumpai adalah server internal Instagram mengalami gangguan alias down. Ketika down, aplikasi Instagram biasanya tidak dapat digunakan dengan normal.

Pengguna bisa cek status memeriksa persoalan gangguan server ini di situs https://downdetector.id. Di Down Detector, pengguna bisa melihat grafik laporan dari para pengguna lain terkait gangguan pada berbagai platform, termasuk Instagram.

Jika grafik di Down Detector pada kurun waktu tertentu berwarna oranye atau merah maka bisa dipastikan tengah terjadi gangguan pada Instagram atau server down. Bila server down, pengguna hanya cukup menunggu hingga masalah diselesaikan tim Instagram.

2. Cache yang menumpuk pada aplikasi Instagram

Penyebab yang kedua adalah cache atau data sementara yang menumpuk pada aplikasi Instagram. Saat mengoperasikan semua aplikasi di ponsel, tak terkecuali Instagram, sistem bakal menyimpan cache dari aktivitas itu.

Jika terlalu banyak cache, aplikasi Instagram bisa mengalami beberapa gangguan termasuk menutup sendiri. Supaya sistem aplikasi Instagram segar kembali, pengguna bisa menghapus cache.

Untuk menghapus cache, di kebanyakan ponsel, pengguna bisa membuka menu pengaturan aplikasi. Kemudian, pilih aplikasi Instagram dan klik opsi “Hapus Data” atau “Clear Data”.

Baca juga: Ramai Tanggal Bergabung di Instagram, Begini Cara Ceknya di HP

3. Bug pada aplikasi Instagram

Masalah Instagram force close juga bisa ditimbulkan lantaran terdapat bug atau gangguan pada sistem aplikasi. Dalam satu versi aplikasi Instagram, bug itu wajar saja muncul. Pengguna bisa melaporkan bug Instagram dengan cara, buka halaman profil Instagram.

Lalu, klik ikon garis tiga dan pilih opsi “Setting and Privacy”. Kemudian, pilih opsi “More info and support” dan klik “Help”. Selanjutnya, pilih opsi “Report a Problem” dan laporkan bug yang terjadi di aplikasi Instagram.

4. Aplikasi Instagram yang sudah usang

Aplikasi Instagram yang sudah usang atau versi lama kadang membawa sejumlah masalah, termasuk tidak bisa dibuka dengan normal dan menutup sendiri atau force close. Untuk penyebab ini, cara mengatasi Instagram keluar sendiri bisa dilakukan dengan update aplikasi.

Aplikasi Instagram yang terbaru umumnya membawa perbaikan pada beberapa masalah yang ada di aplikasi Instagram versi sebelumnya.

5. Sistem operasi ponsel tidak kompatibel dengan aplikasi Instagram

Penyebab Instagram keluar sendiri yang berikutnya adalah sistem operasi ponsel yang digunakan pengguna tidak kompatibel dengan aplikasi Instagram. Setiap aplikasi, termasuk Instagram, memiliki batas minimum sistem operasi yang harus digunakan pengguna.

Jika tak sesuai dengan batas minimum tersebut, aplikasi Instagram jadi tidak bisa dioperasikan dengan normal atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Untuk penyebab ini, cara mengatasi Instagram keluar sendiri bisa dilakukan dengan update sistem operasi ponsel.

6. Memori ponsel penuh

Penyebab Instagram keluar sendiri yang selanjutnya adalah memori ponsel penuh. Ruang penyimpanan yang sedikit dapat menyebabkan sebuah ponsel kesulitan untuk menjalankan aplikasi. Alhasil, aplikasi jadi mendadak eror dan bisa keluar sendiri.

Untuk dapat menjalankan aplikasi dengan lancar, ponsel harus memiliki sisa memori sebesar 10-15 persen dari kapasitas memori secara keseluruhan. Jadi, pastikan masih tersedia ruang kosong di memori supaya bisa menjalankan Instagram dengan lancar.

Baca juga: Cara Komentar Pakai GIF di Instagram dengan Mudah, Sudah Coba?

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab Instagram keluar sendiri. Dengan mengetahui penyebab itu, pengguna tidak akan panik dan bisa mencoba mengatasi sendiri kendala Instagram force close.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com