Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mematikan HP Otomatis di Waktu Tertentu dan Tanpa Tekan Tombol Power

Kompas.com - 23/07/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Mematikan daya handphone (HP) umumnya dilakukan dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga layar gelap dan mati. Namun, selain itu, pengguna juga bisa mematikan HP otomatis.

Baca juga: 3 Cara Transfer Foto dari HP Android ke iPhone dengan Mudah

Dengan mematikan HP otomatis, pengguna tak perlu repot untuk menekan tombol power terlebih dahulu. Untuk diketahui, membuat HP berada dalam kondisi daya mati atau power off biasanya diperlukan dalam kondisi seperti pengguna ingin menghemat baterai.

Selain itu, power off HP juga biasanya dibutuhkan saat pengguna tidak ingin menatap layar HP karena perlu beristirahat secara penuh. Di beberapa HP, terutama HP yang berbasis sistem operasi Android, pengguna bisa mematikan HP otomatis di waktu tertentu.

Jadi, pengguna bisa mengatur agar HP mati secara otomatis dan hidup atau nyala kembali di waktu tertentu. Sehingga, pengguna sama sekali tak butuh menekan tombol power untuk mematikan dan menyalakan HP.

Lantas, bagaimana cara mematikan HP otomatis di waktu tertentu sesuai keinginan? Cara mematikan HP otomatis itu mudah. Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan cara mematikan HP otomatis.

Cara mematikan HP otomatis di Android

Sebagaimana sempat disinggung di atas, di HP Android, pengguna bisa mengatur agar HP mati secara otomatis di jam tertentu, tanpa perlu tekan tombol power. Adapun cara mengatur kapan HP mati secara otomatis adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan HP
  • Kemudian, di menu pengaturan, cara menu bertajuk seperti ini “Scheduled power off/on” atau “Jadwal daya hidup/mati”.
  • Bila di HP Android Xiaomi, menu “Scheduled power off/on” bisa dijumpai pada menu pengaturan “Baterai” di tab “Baterai”.
  • Pada menu “Scheduled power off/on”, pengguna bisa mengaktifkan opsi matikan HP otomatis.
  • Kemudian, pengguna juga bisa mengatur agar HP mati secara otomatis di hari dan jam tertentu.
  • Setelah diatur, pengguna bisa menyimpan pengaturan untuk menerapkan tindakan matikan HP otomatis.

Ilustrasi cara mematikan HP otomatis di waktu tertentu pada HP Android.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mematikan HP otomatis di waktu tertentu pada HP Android.

Baca juga: Baterai HP Tidak Mengisi saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Untuk diketahui, cara mengatur kapan HP mati di atas dijajal pada HP Xiaomi dengan menggunakan sistem operasi versi Android 10 dan antarmuka MIUI 12.

Beda platform Android yang dipakai mungkin bisa berbeda pula letak menu “Scheduled power off/on” untuk mematikan HP otomatis.

Cara mematikan HP otomatis di iPhone

Berdasarkan percobaan KompasTekno, fitur mematikan HP otomatis di waktu tertentu seperti yang tertera di atas hanya tersedia di HP Android. Fitur tersebut sayangnya tidak tersedia di iPhone.

Namun, meski iPhone tak memiliki fitur mematikan HP otomatis di waktu tertentu, pengguna masih bisa mematikannya secara otomatis tanpa tekan tombol power. Adapun cara mematikan HP otomatis di iPhone tanpa tekan tombol power adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan atau “Settings” iPhone.
  • Kemudian, pilih opsi “Umum” atau “General”.
  • Pada halaman opsi itu, gulir ke bawah hingga menemukan tombol “Shut Down” atau “Matikan”.
  • Klik tombol itu, lalu geser tombol “slide to power off” untuk mematikan iPhone.

Ilustrasi cara mematikan HP otomatis tanpa tekan tombol power di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mematikan HP otomatis tanpa tekan tombol power di iPhone.

Baca juga: NFC Tidak Berfungsi di HP Android? Begini Cara Mengatasinya

Cukup mudah bukan cara mematikan HP otomatis tanpa tekan tombol power? Demikianlah penjelasan mengenai cara mematikan HP otomatis, selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com