Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Tahun Jadi Ikon, Logo Burung Twitter Kini Tinggal Kenangan

Kompas.com - 25/07/2023, 12:34 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Logo

KOMPAS.com - Twitter sudah sangat lekat dengan logo burung biru. Larry Bird sebutannya. Logo ini sudah menemani pengguna sejak Twitter lahir pada 2010 lalu.

Kini, pengguna harus mengucapkan selamat tinggal pada burung biru. Elon Musk, sang empunya Twitter, mengganti logo burung menjadi lebih sederhana berupa huruf "X".

Bahkan per Selasa (25/7/2023) pagi, logo X tersebut kini sudah bisa dilihat pengguna di beberapa elemen desain Twitter, salah satunya di Twitter versi web.

Dengan kata lain, bukan tidak mungkin pengguna tak akan bisa lagi melihat logo burung berwarna biru di Twitter akan hilang dalam beberapa waktu ke depan.

Bagi pengguna yang main Twitter sejak 2010-an, penggantian logo dari burung biru menjadi huruf X mungkin akan menjadi momen yang cukup emosional. 

Baca juga: Makna di Balik X, Logo Twitter Baru Pengganti Burung Biru

Pasalnya, selain logo Larry Bird sudah menemani mereka selama bertahun-tahun, logo ini memang sudah menjadi identitas Twitter sebagai platform media sosial berbasis teks, berbeda dari media sosial lainnya. 

Perkembangan logo aplikasi Twitter.Dok. Twitter Perkembangan logo aplikasi Twitter.

Menurut Elon Musk, gagasan filosofis di balik Twitter ganti logo menjadi “X” adalah untuk merepresentasikan ketidaksempurnaan dalam diri semua pengguna yang membuat setiap pengguna itu unik. 

Selain secara filosofis, alasan Elon Musk ganti logo Twitter tampaknya juga ditujukan untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan. Untuk diketahui, pada Oktober 2022, Musk sempat mengatakan, membeli Twitter adalah langkah untuk mempercepat pembuatan X.

X sendiri merupakan aplikasi dengan layanan beragam atau super apps. Konsep aplikasi X sebagai super app itu mirip seperti WeChat di China, yang di dalamnya memiliki layanan messaging, pembayaran, pesan-antar makanan, hingga ride-sharing.

Nama perusahaan Twitter pun telah diganti oleh Elon Musk. Sebelumnya, perusahaan aplikasi Twitter bernama Twitter Inc. Setelah itu, Musk mengganti namanya menjadi X Corp pada Oktober 2022.

Logo sebelum burung biru "Larry Bird"

Larry Bird si burung biru, sebenarnya bukan logo pertama Twitter. Pada saat pengembangan pertamanya pada 2005 lalu, logo Twitter berwarna hijau dan tidak berbentuk burung, melainkan hanya berupa tulisan "twitter".

Selengkapnya, berikut sejarah evolusi logo Twitter dari sejak pengembangannya 2005 lalu, dan meluncur ke publik pada 2006 lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Logo.com, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Ramai Logo X Muncul di Twitter, Apa Itu?

1. 2005-2006

Pada awal pengembangannya 2005 lalu, logo Twitter sebenarnya bukan berwarna biru, melainkan hijau. Logo Twitter yang kabarnya tak pernah dipakai secara komersil tersebut berupa huruf "twttr" yang mengilap, mirip seperti balon berbentuk panjang. 

Konon, para pendiri Twitter kala itu, yaitu Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams sempat memikirkan sejumlah alternatif dari logo dan nama Twitter itu sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com