Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Dapat Centang Biru Instagram secara Gratis dan Berbayar

Kompas.com - 07/08/2023, 14:06 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Instagram di Indonesia kini bisa mendapatkan centang biru (verified account) dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan melakukan pengajuan secara mandiri ke Instagram. Warganet sering menyebut cara ini sebagai "jalur prestasi" karena pengguna harus memasukkan bidang (media, hiburan, olahraga, dan lainnya) serta link situs untuk menunjukkan hasil pekerjaan. Selain itu, cara ini juga tanpa biaya alias gratis.

Cara kedua adalah mendapatkan centang biru dengan berlangganan layanan Meta Verified. Di program ini, harga centang biru Instagram paling mahal dibanderol Rp 130.000 per bulan.

Keduanya memiliki persyaratan dan cara pengajuan yang berbeda. Berikut KompasTekno rincikan cara dapat centang biru Instagram secara gratis lewat jalur "prestasi" dan berbayar.

Baca juga: Harga Centang Biru Instagram dan Facebook di Indonesia serta Syaratnya

Cara dapat centang biru Instagram gratis

Sebelum ada layanan Meta Verified, satu-satunya cara mendapatkan lencana biru adalah dengan melakukan pengajuan kepada Instagram secara langsung, tanpa dipungut biaya.

Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi pengguna untuk lolos pengajuan verified account tanpa bayar:

  • Autentik: akun Instagram harus autentik yang berarti mewakili orang, bisnis, atau entitas yang terdaftar asli.
  • Unik: mewakili keberadaan akun pengguna atau bisnis yang secara unik. Instagram hanya dapat memverifikasi satu akun untuk setiap orang atau bisnis. Pengecualian untuk akun dengan bahasa tertentu.
  • Lengkap: akun pengguna atau bisnis harus bersifat publik, memiliki bio, foto profil dan aktif saat mengajukan verifikasi.
  • Populer: akun harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari orang. Untuk media massa, Instagram akan meninjau konten berita yang diterbitkan pada media tersebut.

Langkah-langkah mendapatkan centang biru Instagram gratis.Kompas.com/Galuh Putri Riyanto Langkah-langkah mendapatkan centang biru Instagram gratis.

Bila syarat terpenuhi, pengguna bisa melakukan pengajuan verified account dengan melangkukan langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke akun Instagram Anda.
  • Ketuk Profil yang berada di kanan bawah.
  • Pilih menu dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih Settings atau Pengaturan.
  • Pilih "Account type and tool/Jenis dan fitur akun".
  • Pilih "Minta Verifikasi/Request Verification".
  • Di sini pengguna akan diminta untuk mengonfirmasi beberapa keaslian data dan meng-upload beberapa dokumen yang diperlukan.
  • Setelah mengisi beberapa data dan dokumen, klik "Submit".

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan centang biru Instagram secara gratis.Kompas.com/Galuh Putri Riyanto Langkah selanjutnya untuk mendapatkan centang biru Instagram secara gratis.

Baca juga: Pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia Bisa Beli Centang Biru

Cara di atas dilakukan melalui aplikasi WhatsApp Android versi 294.0.0.33.87. Beda versi aplikasi WhatsApp, kemungkinan akan berbeda tahapannya. Namun, secara garis besar, pengguna bisa menemukan opsi tersebut di menu "Account type and tool".

Setelah mengisi beberapa data untuk verifikasi, Instagram akan meninjau kurang lebih selama 30 hari setelah permintaan. Pengguna akan menerima konfirmasi apakah pengajuan centang biru pada akunnya diterima atau tidak melalui tab notifikasi.

Meski demikian, perlu diperhatikan bagi pengguna, bahwa pengajuan yang memenuhi syarat untuk verifikasi tidak menjamin akun tersebut akan diverifikasi. Setelah akun mendapatkan centang biru, pengguna tidak boleh mengubah nama akun.

Cara dapat centang biru Instagram dengan bayar

Meta Verified hadir di Indonesia. Meta Verified merupakan layanan yang memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook mendapatkan lencana atau centang biru serta sejumlah benefit lain, dengan cara membayar biaya langganan per bulan.Instagram/ @pieterlydian Meta Verified hadir di Indonesia. Meta Verified merupakan layanan yang memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook mendapatkan lencana atau centang biru serta sejumlah benefit lain, dengan cara membayar biaya langganan per bulan.
Kini, Instagram juga membuka kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan centang biru dengan membayar langganan Meta Verified.

Selain akun otomatis berubah jadi verified account, pengguna juga bakal mendapat benefit lain seperti centang biru di akun Threads, perlindungan ekstra dari terhadap akun yang mengaku sebagai pengguna, dan mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan serta fitur stiker eksklusif.

Harga centang biru Instagram dan Facebook di Indonesia adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com